Cara Mendaftar dan Membuat Rekening di Perusahaan Sekuritas

Sebelum saya membahas lebih lanjut, ada baiknya kamu sudah memahami dasar-dasar investasi pada instrumen saham. Bila kamu belum mengerti, silahkan baca artikel saya sebelumnya yang membahas tentang pengenalan saham.

Baca: Pengertian Saham, Keuntungan dan Kerugian dalam Investasi Saham

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, orang atau lembaga yang terlibat dalam pasar modal yaitu Investor, Emiten, Bursa Efek Indonesia (IDX), broker, dan bank kustodian. Nah, perusahaan sekuritas lah yang menjadi broker antara investor (penjual/pembeli saham) dengan IDX dalam melakukan jual beli saham.

Pada dasarnya kita tidak bisa membeli langsung saham di IDX, harus memakai perantara alias broker. Ibarat kata, IDX sebagai mal dan broker dalam hal ini perusahaan sekuritas sebagai tokonya.

Sumber: indopremier.com

Jadi, kalau ingin melakukan jual-beli saham, berarti kita harus terdaftar di salah satu perusahaan sekuritas yang kita percayakan sebagai broker kita.

Nah, mari kita bahas cara mendaftar dan membuka rekening saham di perusahaan sekuritas.

Persiapkan Dokumen

Untuk mendaftar di perusahaan sekuritas, caranya sangat mudah dan tidak diperlukan dokumen yang rumit. Kamu hanya cukup mempersiapkan tiga dokumen, yakni:

  • KTP
  • NPWP (opsional)
  • Buku Tabungan

Pertama harus punya KTP, jadi anak dibawah umur yang belum punya KTP belum bisa mendaftar. Untuk NPWP ini opsional, boleh ada boleh tidak. Namun lebih baik kamu sertakan saja kalau punya NPWP.

Apa fungsi buku tabungan? Disini fungsinya sebagai tujuan rekening ketika kita menarik uang dari rekening saham, istilahnya rekening efek. Jadi dalam saham ini kita punya dua rekening, yang pertama rekening bank kustodian yang fungsinya sebagai tempat uang kita disimpan ketika melakukan transaksi saham, namanya rekening RDN (RDI). Jadi, uang kita tidak disimpan oleh perusahaan sekuritas. Yang kedua rekening efek, yang fungsinya sebagai tujuan uang masuk ketika ditarik dari rekening RDN.

Rekening RDN bisa berasal dari bank mana saja, itu tergantung dari perusahaan sekuritas yang melakukan rekanan/kerjasama dengan bank apa sebagai bank kustodiannya. Misalnya Mandiri Sekuritas, sudah pasti bank kustodiannya adalah Bank Mandiri. Begitu pula BNI Sekuritas yang bank kustodiannya adalah Bank BNI.

Untuk buku tabungan yang menjadi rekening efek (tempat dana masuk ketika ditarik) juga bervariasi, tergantung dari syarat yang ditetapkan perusahaan sekuritas. Misalnya Mandiri Sekuritas yang mewajibkan investor memiliki buku tabungan mandiri. Namun banyak juga perusahaan sekuritas yang membebaskan investor menggunakan buku tabungan mana saja, seperti BNI Sekuritas yang tidak harus menggunakan buku tabungan BNI.

Isi Formulir di Perusahaan Sekuritas

Mendaftar di perusahaan sekuritas bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu langsung mendaftar di kantor cabang perusahaan sekuritas terdekat atau bisa via online. Tapi di masa pandemi covid-19 ini, banyak perusahaan sekuritas yang hanya melayani pendaftaran secara online saja.

Selain itu kamu juga perlu tahu apa saja keuntungan dan kerugian baik mendaftar langsung di kantor cabang atau dengan cara mendaftar secara online.

Keuntungan kita mendaftar langsung via kantor cabang perusahaan sekuritas, kita bisa berkonsultasi langsung ke customer service mengenai apa-apa saja yang ingin kita ketahui tentang saham. Selain itu, proses pendaftaran melalui kantor cabang perusahaan sekuritas bisa lebih cepat selesai. Biasanya dalam sehari kamu sudah mendapatkan akun.

Kerugian mendaftar di kantor cabang perusahaan sekuritas yakni: pertama, tidak semua kota memiliki kantor cabang perusahaan sekuritas, biasanya hanya kota-kota besar saja, seperti ibu kota provinsi. Kedua, fee jual-beli saham biasanya lebih tinggi dibandingkan fee jual beli ketika kita mendaftar akun sekuritas melalui online.

Keuntungan mendaftarkan secara online, pertama, kita bisa memilih sesuka hati perusahaan sekuritas mana yang ingin dijadikan broker, karena semua perusahaan sekuritas sekarang sudah menyediakan fitur pendaftaran online. Kedua, kita tidak perlu repot-repot keluar rumah atau pergi ke kota untuk mendaftar di kantor cabang perusahaan sekuritas. Ketiga, fee jual-beli saham biasanya lebih murah dibandingkan fee jual-beli saham ketika kita mendaftar sekuritas melalui kantor cabang perusahaan sekuritas.

Kerugian mendaftar secara online, proses pendaftaran memakan waktu lebih lama, biasanya prosesnya dua minggu. Bila perusahaan sekuritas meminta kamu mengirimkan berkas, maka kamu perlu mengirimkan berkas melalui kantor pos atau perusahaan pengiriman dokumen.

Jadi tentukan pilihan kamu, kalau kamu ingin membuka langsung di kantor cabang perusahaan sekuritas, pastikan dulu melalui telepon apa mereka sudah melayani pendaftaran langsung atau tidak. Namun kalau kamu tidak ingin repot-repot, kamu bisa mendaftar secara online saja.

Berikut ini perusahaan sekuritas yang bisa menjadi pilihan kamu.

BCA Sekuritas Daftar
BNI Sekuritas Daftar
CGS-CIMB Sekuritas Indonesia Daftar
Ekuator Daftar
Indopremier Daftar
Jasa Utama Capital Sekuritas Daftar
Mandiri Sekuritas Daftar
Mirae Asset Sekuritas Daftar
MNC Securities Daftar
Panin Sekuritas Daftar
Phillip Sekuritas Indonesia Daftar
RHB Sekuritas Indonesia Daftar
Sinarmas Sekuritas Daftar
Trimegah Sekuritas Daftar

Setelah kamu mengisi formulir pendaftaran di salah satu perusahaan sekuritas yang kamu pilih, kamu harus pahami betul syarat setelahnya, apakah mereka meminta kamu menge-print formulir yang telah diisi lalu dikirim ke alamat yang mereka tentukan atau tidak.

Contoh bila mendaftar di BNI Sekuritas, bila kamu menggunakan bank selain BNI sebagai rekening efek, maka kamu wajib mengirimkan berkas yang sudah kamu print dan di tanda-tangani ke alamat yang telah ditentukan untuk pembukaan rekening RDN. Namun kalau kamu menggunakan rekening efek dari bank BNI, kamu tidak perlu mengirimkan berkas apa-apa, karena sudah dipastikan kamu memiliki data di database BNI. Tinggal tunggu email BNI Sekuritas bahwasanya akun dan rekening RDN kamu telah dibuatkan.

Itu saja sih proses pendaftaran dan pembuatan rekening di perusahaan sekuritas, sangat mudah dan proses tidak berbelit-belit. Namun meski prosesnya mudah, kamu jangan asal-asalan memilih perusahaan sekuritas, pilihlah perusahaan sekuritas yang sudah dikenal dan benar-benar dapat dipercaya. Sebagai penutup, saya akan memberikan tips bagaimana memilih perusahaan sekuritas.

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas

  1. Perhatikan jasa yang ditawarkan, apakah mengakomodir hal yang kamu butuhkan? seperti tim analis handal yang analisa pasarnya bagus, atau menyediakan kelas edukasi untuk investornya.
  2. Cari tahu mengenai fee transaksi yang di-charge kepada investor. Karena fee transaksi setiap perusahaan sekuritas berbeda-beda, ada yang lebih murah tapi jangan sampai mengorbankan fasilitas yang kamu dapat. Info ini bisa kamu lihat di masing-masing website resminya.
  3. Setiap perusahaan sekuritas memiliki syarat setoran awal minimum yang berbeda-beda, cari tahu berapa setoran minimumnya dan sesuaikan dana yang kamu miliki.
  4. Apakah mereka menyediakan aplikasi online trading? Tujuannya adalah untuk memudahkan kamu dalam bertransaksi.
  5. Pastikan perusahaan sekuritas tersebut merupakan anggota IDX dan juga memiliki ijin dari OJK.
  6. Track record yang baik juga penting agar kamu lebih nyaman berinvestasi. Misalnya jangan memilih perusahaan sekuritas yang pernah menggelapkan uang investor. Cari infonya di Google.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *