Cara Beli Obligasi / SBN ORI017


Tahun 2020 adalah tahun yang berat bagi semua orang, secara tidak langsung pandemi telah meluluh-lantakkan banyak sektor, baik itu dari ekonomi, pendidikan dan sosial.

Pandemi covid-19 telah menjadikan orang kehilangan tempat tinggal, kehilangan mata mencarian, dan PHK dimana-mana. Sampai saat ini, saya melihat gelombang PHK masih terjadi. Yang terbaru, Gojek melakukan PHK kepada ratusan pegawainya dan menutup lini bisnis GoLife miliknya.

Ketika semua ambruk, yang menjadi benteng adalah negara. Pemerintah hadir untuk membantu kesusahan rakyatnya. Dalam situasi seperti ini, Pemerintah juga perlu memutar otak mencari sumber dana untuk membantu rakyatnya ditengah menurunnya pendapatan dari pajak.

Pemerintah perlu banyak uang untuk memberikan bantuan kepada rakyat Indonesia baik dalam bentuk bantuan sosial, percepatan pemulihan covid-19, stimulus ekonomi, dan juga keringanan kredit. Disaat Pemerintah sedang membutuhkan banyak uang, disaat itu pula Pemerintah malah mengalami penurunan pendapatan dari pajak dan kegiatan ekspor-impor.

Maka dari itu, tidak ada jalan lain selain berhutang, apakah berhutang ke luar negeri atau berhutang dari rakyatnya sendiri.

Pada tanggal 15 Juni 2020, Pemerintah telah mengeluarkan SBN (surat berharga negara)/obligasi bernama ORI017. Pemerintah berharap bisa memperoleh dana segar sebesar Rp 10 Triliun untuk membantu pemulihan pasca covid-19.

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, obligasi ini sama persis dengan deposito. Cuma yang bedanya, obligasi ini yang berhutang adalah negara, bukan bank. Sedangkan deposito, yang berhutang adalah bank.

Untuk lebih jelas perbedaan obligasi dengan deposito, silahkan baca artikel Obligasi VS Deposito, Mana yang Lebih Untung?

Sama seperti deposito, ORI017 juga mendapatkan cash flow yang dikirim tiap bulannya ke rekening. Karena sifatnya ORI017 dapat diperjual-belikan, maka ORI017 juga bisa menghasilkan capital gain. Penyebab terjadinya capital gain karena adanya transaksi jual beli yang dipengaruhi oleh faktor penurunan suku bunga.

ORI017 memberikan return 6,5% dengan pajak 15%. Menurut saya jauh lebih menarik dibandingkan deposito yang return hanya 4,5% dengan pajak 20% serta tingkat risikonya relatif lebih tinggi dibandingkan ORI017.

Informasi Lengkap ORI017


PenerbitPemerintah Republik Indonesia
Kupon (bunga)Tingkat kupon tetap (fixed rate)
BentukTanpa warkat (scripless) dan dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan hanya antar investor domestik yang mengacu pada digit ketiga kode Nomor Tunggal Identitas Pemodal (Single Investor Identification/SID)
Tenor, Jatuh Tempo3 Tahun, 15 Juli 2023
Masa Penawaran15 Juni - 9 Juli 2020
Penetapan Hasil Penjualan13 Juli 2020
Minimum PemesananRp1 juta dan kelipatan Rp1 juta
Maksimum PemesananRp3 miliar
Setelmen/Penerbitan15 Juli 2020
Pembayaran KuponTanggal 15 setiap bulannya. Kupon pertama dibayarkan tanggal 15 Agustus 2020. Dalam hal tanggal pembayaran kupon bukan pada hari kerja, maka pembayaran kupon dilakukan pada hari kerja berikutnya tanpa kompensasi bunga. Hari kerja adalah hari di mana operasional sistem pembayaran diselenggarakan oleh Bank Indonesia.
Minimum Holding Period (MHP)2 (dua) kali periode pembayaran kupon. Holding Period adalah periode di mana Investor ORI017 belum boleh memindahbukukan kepemilikan ORI-nya. Kepemilikan ORI017 dapat dipindahbukukan mulai tanggal 15 September 2020
Kupon ORI0176,40% p.a.
PajakPPh final 15%

Keuntungan ORI017


  • Kupon dan Pokok dijamin oleh Undang-Undang

  • Kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN

  • Kupon dengan tingkat bunga tetap sampai pada waktu jatuh tempo

  • Kupon dibayar setiap bulan.

  • Dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder (antar Investor Domestik).

  • Tersedianya kuotasi harga beli (bid price) dari Mitra Distribusi atau Pihak lain yang bekerja sama dengan Mitra Distribusi.

  • Berpotensi memperoleh capital gain.

  • Dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain (sesuai dengan kebijakan di masing-masing Mitra Distribusi).

  • Dapat diperdagangkan di organized OTC melalui Electronic Trading Platform (ETP).

  • Masyarakat turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Biaya-Biaya Lain

Selain adanya PPh yang didapat dari return fixed rate, kamu juga dikenakan biaya transaksi jual sebesar 0,25% atau minimal Rp 25.000 bila kamu menjualnya. Ditambah lagi PPh capital gain sebesar 15% dari marjin. Jadi pertimbangkan biaya ini terlebih dahulu sebelum kamu menjual ORI017 disaat belum jatuh tempo.

ORI017 juga dapat dijual sebagian yang total ORI017 yang kamu punya. Misalnya kamu memiliki Rp 20 juta, kamu boleh menjualnya RP 10 juta saja. Dan pastinya kamu tidak akan mendapatkan lagi kupon dari separuh ORI017 yang sudah kamu jual.

Dimana bisa menjual ORI017? Kamu bisa menjualnya di tempat pertama kamu beli atau mitra distribusi yang ditetapkan oleh Kementerian Keuangan.

Cara Beli ORI017

1. Registrasi

Registrasi dapat dilakukan setiap saat bahkan sebelum masa penawaran SBN Ritel dibuka. Kamu dapat mendaftarkan diri secara online pada agen atau mitra distribusi ORI017, dengan menginput data-data antara lain, data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga. Bagi kamu yang belum memiliki nomor SID, Rekening Dana, dan/atau Rekening Surat Berharga, dapat menghubungi mitra distribusinya.

2. Pemesanan

Setelah registrasi berhasil, kamu dapat melakukan pemesanan ORI017 pada saat masa penawaran ORI017 (15 Juni s/d 9 Juli 2020).

3. Pembayaran
Setelah pemesanan diverifikasi, kamu akan mendapatkan kode pembayaran melalui email/sms sesuai kebijakan masing-masing mitra distribusi.

Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking)/ Pos/ Lembaga Persepsi Lainnya dalam batas waktu yang ditentukan.

4. Konfirmasi

Setelah pembayaran, kamu akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi ORI017 pada tanggal setelmen/penerbitan. Setelah setelmen, investor dapat meminta Bukti Konfirmasi Kepemilikan ORI017 kepada mitra distribusi.

Tempat Beli – Jual ORI017


Ada 16 bank, 4 sekuritas, dan 5 fintech yang ditunjuk Kementerian Keuangan sebagai mitra distribusi ORI017. Berikut ini daftar lengkapnya.
danareksabareksaVictoriaBRIdanamoninvestreepermatanetbahanaDBStrimegahbareksacommonwealthBNIinviseehsbcPaninBCAMandiri

cimbniagaMandiri Sekuritas

modalkumaybank

uobBTN

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

POSTINGAN TERKAIT

Posting Komentar