Cara Transfer Uang Antar Bank Tanpa Biaya Admin Melalui Flip

Kalau boleh dibilang, saya salah satu orang yang paling sering melakukan transfer uang antar bank. Hal ini saya lakukan karena saya dan istri memang memiliki rekening dari bank yang berbeda.

Yang paling tidak enaknya, tiap kali transfer uang antar bank pastilah dikenakan biaya admin sebesar Rp 6500. Sebenarnya cukup menjengkelkan, seandainya dalam sebulan kita melakukan transfer antar bank sebanyak 10 kali, berarti kita sudah membuang uang sebesar Rp 65.000 tiap bulannya secara cuma-cuma.

Ternyata untuk mengakali agar tidak terkena biaya admin, ada aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan transfer bebas biaya meski berbeda bank, nama aplikasinya Flip.

Saya sudah lama tahu tentang Flip melalui portal teknologi DailySocial, namun tidak pernah mencoba. Tapi semenjak tahun 2020 saya rutin menggunakan Flip untuk keperluan transfer antar bank.

Mungkin sejauh ini saya telah melakukan sekitar 63 kali transaksi menggunakan Flip. Saya cukup mengapresiasi Flip, karena jujur saja Flip ini sudah membantu saya untuk berhemat dari potongan admin setiap kali transfer antar bank.

Sejarah Flip

Aplikasi Flip diciptakan pada tahun 2015 oleh tiga sekawan yang sama-sama kuliah di Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Mereka bernama Rafi Putra Arriyan (Ari),Ginanjar Ibnu Solikhin (Anjar) dan Luqman Sungkar (Luqman).

Ketika masih menjadi mahasiswa, banyak teman mereka yang mengeluh karena merasa dirugikan dengan biaya transfer antar bank mengingat mahasiswa adalah kelompok yang keuangannya pas-pasan. Dari keluhan yang sering dialami mahasiswa inilah tercetus ide untuk membuat sebuah skema transfer yang bisa menghilangkan biaya admin ketika ingin melakukan pengiriman uang antar bank berbeda.

Bermodal promosi lewat email dan WhatsApp, Flip pun menjadi viral. Mereka pun terpaksa membuat waiting list dan memasukkan para calon pengguna secara bertahap, agar semua permintaan bisa mereka layani dengan kemampuan mereka pada saat itu.

Flip baru bisa menghilangkan sistem waiting list tersebut pada bulan Februari 2016. Mereka pun terus berkembang, hingga jumlah transaksi yang berjalan di platform mereka pada bulan Juni 2016 mencapai angka Rp 13 miliar, dengan jumlah pengguna yang mencapai puluhan ribu.

Sayangnya, perjalanan Flip tidak selalu berjalan mulus. Mereka sempat mengalami beberapa kendala seperti kekurangan uang untuk dikirim ke rekening bank tertentu, hingga dipaksa menutup layanan oleh Bank Indonesia di saat layanan mereka sebenarnya tengah digandrungi oleh para pengguna.

Setelah melalui proses yang berliku, Flip akhirnya mendapat izin resmi dari BI sepuluh minggu setelah pengurusan izin. Kamu bisa mengecek izin yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia untuk Flip disini.

Legalitas Flip

Flip adalah aplikasi transfer antar bank pertama di Indonesia yang mendapatkan izin operasional dari Bank Indonesia dengan nomor izin 18/196/DKSP/68.

Kenapa bukan OJK? Karena OJK bertugas untuk mengawasi industri keuangan seperti bank, asuransi, pasar modal, dan institusi keuangan lainnya. Sedangkan Flip sebagai perusahaan transfer dana berada di bawah pengawasan Bank Indonesia.

Cara kerja Flip

Sampai saat ini, Flip sudah melakukan Tranfer uang sebesar Rp. 6,9 Triliun. Angka yang sangat-sangat fantastik. Mengingat Flip hanyalah aplikasi sederhana yang dioperasikan dari sebuah rumah di Depok.

Cara kerja Flip amatlah sederhana, Flip bekerja sebagai jembatan transaksi antar bank. Kamu melakukan transfer terlebih dahulu ke rekening Flip yang sama dengan bank yang kamu miliki. Kemudian Flip akan meneruskan uangmu ke rekening tujuan.

Cara transfer uang antar bank menggunakan Flip

Flip bisa digunakan melalui aplikasi smartphone atau langsung melalui website flip.id. Kalau saya lebih senang melalui aplikasi Flip Android, karena lebih praktis. Apalagi sekarang Flip menjadi aplikasi keuangan yang paling sering saya gunakan.

Melalui Aplikasi Android

  1. Pilih Kirim Uang
     
  2. Pada REKENING TUJUAN, pilih bank tujuan lalu isi nomor rekening tujuan, lalu tekan tombol CEK NAMA. Secara otomatis nama pemilik rekening akan muncul di aplikasi. Kamu bisa juga bisa melihat rekening dari DAFTAR REKENING bila sudah pernah melakukan transaksi sebelumnya.
  3. Masukkan nominal transfer pada kolom NOMINAL
  4. Isi kolom BERITA
  5. Bila data sudah benar, tekan tombol OK
  6. Pilih TRANSFER VIA BANK apa
  7. Kamu akan mendapatkan nomor rekening bank milik Flip dan total nominal yang harus di transfer.
  8. Lakukan transfer. Setelah tranfer, tekan tombol SAYA SUDAH TRANSFER (wajib tekan, kalau tidak transaksi tidak akan diproses).
  9. Tunggu selama 10 menit hingga statusnya berhasil dan warna berubah menjadi hijau.

Apa yang harus diketahui tentang Flip?

Kode unik

Flip menambah kode unik di setiap nominal, tujuannya untuk mempermudah sistem Flip melakukan verifikasi transaksi. Tidak perlu khawatir, kode unik tersebut akan disimpan sebagai saldo Flip yang bisa di cairkan bila telah mencapai Rp 10.000.

Kode unik Flip terendah adalah Rp 50. Namun saya pernah mendapatkan kode unik yang lumayan tinggi, yakni Rp 1.200. Kenapa bisa tinggi? Itu karena banyaknya jumlah frekuensi yang menggunakan nominal transfer yang sama. Misalnya nominal Rp 500.000, maka kode unik pun jadi lebih tinggi.

Bagaimana tips agar kode unik hanya Rp 50? Gampang sekali, bila kamu keberatan dengan kode unik yang tinggi, kamu jangan melakukan transfer dengan nominal yang mainstream seperti Rp 100.000, Rp 200.000, Rp 500.000, dan lain-lain. Gunakan transfer ganjil sepertiĀ  Rp 499.998.

Status transaksi

Ada 4 status transaksi dalam Flip:

  • Pengecekan, artinya transaksi kamu sedang dilakukan verifikasi oleh sistem.
  • Diproses, artinya dana kamu sudah masuk ke rekening Flip.
  • Berhasil, artinya dana kamu sudah di transfer ke rekening tujuan.
  • Dibatalkan, artinya telah kamu batalkan.

Bukti transfer

Kamu akan mendapatkan bukti transfer versi Flip yang menyerupai bukti transfer m-banking.

Pembayaran ecommerce

Flip dapat digunakan untuk melakukan pembayaran pada Tokopedia, Bukalapak, shopee, dan lain-lain.

Daftar Bank yang tersedia di Flip

Hampir semua bank besar telah tersedia di Flip. Daftarnya bisa kamu lihat dibawah ini.

Sayangnya Flip belum mendukung bank daerah, semoga kedepannya Flip bisa menambah daftar bank daerah agar Flip semakin nyaman digunakan.

Selain Flip ada, ada aplikasi Jenius dan SimobiPlus yang memiliki layanan serupa. Namun saya belum pernah mencobanya, barangkali di lain kesempatan saya bisa mencoba layanan mereka dan membuatkan review.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *