Download dan Install SIMRS Khanza (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) Gratis

SIMRS adalah sebuah sistem komputer yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk memperoleh informasi secara cepat, tepat dan akurat. Saat ini Sistim Informasi Manajemen (SIM) berbasis komputer rumah sakit (SIMRS) merupakan sarana pendukung yang sangat penting, bahkan bisa dikatakan mutlak untuk mendukung pengelolaan operasional rumah sakit.

SIMRS dapat dicirikan dengan fungsinya melalui informasi dan jenis layanan yang ditawarkan. Untuk mendukung pelayanan perawatan pasien dan administrasinya, SIMRS mendukung penyediaan informasi, terutama data medis pasien, dalam cara yang benar, relevan dan terbarukan, mudah diakses oleh orang yang tepat pada tempat/lokasi yang berbeda dan dalam format yang dapat digunakan. Transaksi data pelayanan dikumpulkan, disimpan, diproses, dan didokumentasikan untuk menghasilkan informasi tentang kualitas peelayanan perawatan pasien dan tentang kinerja rumah sakit serta biaya. Ini mengisyaratkan bahwa SIMRS harus mampu mengkomunikasikan data berkualitas tinggi antara berbagai unit di rumah sakit.

Selain komunikasi internal, tujuan penting lain dari SIMRS adalah pertukaran data elektronik antar penyedia layanan kesehatan (dokter praktik, fasilitas primer dan rumah sakit) sehingga dapat menjamin ketersediaan informasi pasien secara komprehensif dan efisiensi pelayanan. Informasi pasien yang lengkap dapat membantu proses pelayanan pasien secara lebih baik. SIMRS juga telah banyak dikembangkan untuk berbagai fungsi klinis seperti rekam medis elektronik (EHR), computerized physician order entry (CPOE) dan clinical decision support systems (CDSS) guna mendukung kualitas pelayanan medis dan meningkatkan keamanan pasien. Lebih dari 50% kesalahan pengobatan dapat dicegah melalui penggunaan SIMRS dengan fungsi CPOE dan CDSS.

Nah, SIMRS itu sendiri ada yang berbayar dan ada yang gratis. SIMRS berbayar umumnya dikembangkan oleh vendor-vendor, sedangkan yang gratis biasanya dikembangkan oleh perseorangan dan komunitas.

Khusus yang ini, saya hanya ingin merekomendasikan kamu sebuah SIMRS terbaik di Indonesia dan tentunya gratis. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkan SIMRS ini, karena SIMRS ini memang dikembangkan secara sukarela oleh sekolompok orang supaya dapat digunakan oleh seluruh Rumah sakit di Indonesia tanpa harus mengeluarkan anggaran pengembangan aplikasi.

Nama SIMRS gratis ini adalah SIMRS khanza, SIMRS ini pertama kali dikembangkan oleh Windiarto asal Yogyakarta. Karena SIMRS telah banyak dipakai di Rumah sakit Indonesia, mulailah banyak programer yang bekerja di bagian IT Rumah sakit turut serta memberikan sumbangsih pengembangan berbagai modul, sehingga SIMRS Khanza dinobatkan sebagai SIMRS dengan modul terlengkap dan paling update di Indonesia.

SIMRS Khanza dibangun menggunakan bahasa Java. Aplikasi client ini bersifat cross-platform sehingga dapat digunakan di Windows, Linux maupun macOS. Aplikasi server merupakan webapps berbasis PHP dengan dukungan database MySQL atau yang setara (MariaDB, Percona). Webserver yang dianjurkan adalah Apache.

Contoh tampilan SIMRS Khanza di Windows 10

Pilih SIMRS atau SIMPUS?

Baik SIMRS ataupun SIMPUS, keduanya sama-sama digunakan untuk mengelola secara efektif sistem manajemen institusi kesehatan. Namun, peruntukannya disesuaikan dengan kebutuhan institusi. Untuk Rumah sakit, akan sangat lebih baik menggunakan SIMRS. Dengan segala kompleksitasnya, fitur yang ada pada SIMRS rasanya sudah cukup membantu Rumah sakit untuk menjalan sebuah sistem informasi manajemen berbasis digital.

Apakah SIMRS bisa digunakan di Puskesmas atau klinik swasta? Tentu saja bisa, seperti halnya SIMRS Khanza yang dapat digunakan di semua institusi kesehatan. Cuma nantinya akan banyak modul yang tidak terpakai, karena kalau di Puskesmas atau klinik swasta biasanya pengelolaan manajemennya cukup sederhana.

Untuk Puskesmas, penggunaan SIMPUS sudah lebih dari cukup. Selain fiturnya disesuaikan khusus untuk penggunaan setingkat Puskesmas, rata-rata SIMPUS cukup user friendly. Selain di Puskesmas, SIMPUS juga bisa digunakan oleh klinik swasta atau praktek mandiri.

Apakah SIMPUS bisa digunakan di Rumah sakit? Saya rasa tidak bisa, karena modul yang ada di SIMPUS sangat sederhana dan tidaklah cukup untuk mengakomodir kebutuhan manajemen Rumah sakit.

Download SIMRS Khanza

Official Web Aksi
Yaski.or.id Download

Install SIMRS Khanza

SIMRS Khanza memang menggunakan model client-server (perangkat terpisah), namun bukan berarti SIMRS Khanza tidak dapat diinstal pada satu komputer yang sama. Kamu bisa install SIMRS Khanza pada satu komputer dengan menginstal aplikasi client dan server pada komputer tersebut. Hal ini berguna bila jumlah komputer menjadi kendala, tidak tersedia jaringan atau untuk keperluan ujicoba.

Komponen yang Diperlukan

Server

  • Komputer
  • Bundel SIMRS Khanza
  • XAMPP

Client

  • Komputer
  • Bundel SIMRS Khanza
  • Java JRE

Instalasi

Server

  1. Download SIMRS Khanza terlebih dahulu.
  2. Pastikan komputer server telah telah terhubung dengan komputer client.
  3. Sistem operasi server tidak harus sama dengan sistem operasi client. Umumnya komputer server menggunakan Linux agar penggunaannya lebih optimal, sedangkan client bisa menggunakan Windows yang lebih familiar.
  4. Install XAMPP. Panduannya bisa baca disini.
  5. Copy folder webapps beserta isinya ke dalam folder publik webserver (htdocs).

Client

  1. Install Java JRE.
  2. Buatkan shortcut Aplikasi.bat dan taruh di desktop jika ingin kemudahan mengakses SIMRS Khanza. Jika tidak berhasil, silahkan klik dua kali pada khanza.jar
  3. Pengaturan Client Server ada di setting/database.xml, silahkan ganti localhost dengan IP Server, dengan terlebih dahulu mengatur privilages di database server.

Mempersiapkan Database

  1. Pastikan kamu telah memiliki file sik.sql dari hasil download SIMRS Khanza.
  2. Buat database dengan nama “sik”
  3. Impor sik.sql ke dalam database sik. Bila kesulitan karena databasenya terlalu besar, baca cara import-nya disini.
  4. Tunggu hingga proses impor selesai.

SIMRS Khanza siap untuk dijalankan.

2 Replies to “Download dan Install SIMRS Khanza (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) Gratis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *