Tips Amankan Data Login Agar Tidak Mudah Diretas

Sebelum kita berbicara isu-isu peretasan dan keamanan web tingkat lanjut, kita tidak boleh lupa tentang tips keamanan sederhana ini. Sebab tentunya kita perlu membahasnya dari tips awal sebagai pemanasan hingga teknik tingkat lanjut dalam membahas isu seputar peretasan dan keamanan sebuah akun, baik itu akun web, media sosial maupun akun email.

Pertama mindset yang perlu anda tanami yakni “tidak ada yang aman di internet, semua mungkin terjadi”. Jadi bila anda mengatakan semuanya telah aman, padahal sebenarnya tidak. Akan ada bug atau celah yang dapat melemahkan akun anda, ya meskipun kita tidak tahu kapan bug itu akan ditemui.

Namun meskipun begitu, bukan berarti kita pasrah begitu saja. Layaknya penyakit, kalau kita berusaha pasti ada obatnya, asalkan tidak stadium lanjut. Baik itu web jika berhasil diretas, bisa dipulihkan kembali jika anda menyimpan backupnya.

Memang lebih baik kita analogikan seperti penyakit. Jika tidak ingin sakit, pastinya kita harus hidup sehat, olahraga teratur, makan makanan bergizi dan lainnya. Begitupun dengan website, blog, dan akun lainnya jika tidak ingin menjadi korban dari peretasan, pastinya kita tidak boleh mengabaikan pencegahannya.

Bagaimana cara mencegah peretas untuk menembus website anda?

Perkuat email/username anda. Jangan pernah menggunakan email yang mudah ditebak, misalnya email yang menggunakan nama anda. Ingat, intinya kan kita mempersulit peretas menembus halaman login.

Misalnya nama anda Ikhsan, boleh saja anda memiliki email ikhsan@yahoo.com, tapi itu untuk email komunikasi saja, jangan digunakan untuk mendaftar sebuah akun. Lebih baik anda menggunakan email kombinasi seperti ini: b68ra44@yahoo.com.

Begitu juga dengan username, buatlah sebuah username kombinasi kata dan angka,  misalnya anda membuat username 1khs4nisme, username akan lebih kuat dibandingkan username ikhsan saja.

Perkuat password anda. Banyak orang yang menggunakan password dengan angka saja, bahkan ada yang menggunakan password dengan tanggal lahir, bahkan ada yang lebih parah menggunakan password 123456. Password yang model seperti ini sangat mudah diretas, jadi pertimbangkan untuk mengubah password anda sekarang.

Bagaimana dengan kombinasi password angka dan huruf? Saya masih tidak menganjurkannya, karena menurut saya model seperti ini masih cukup lemah, walaupun lebih baik ketimbang password model angka saja.

Menurut saja, password yang dianggap cukup kuat itu kombinasi angka, huruf besar dan kecil dan ditambah beberapa karakter unik. Minimal jumlahnya 16 karakter. Memang kendala dari kita terkadang sulit untuk menghafalnya dan merepotkan, tapi pertimbangkanlah jika anda tidak ingin halaman login dari akun anda ditembus oleh peretas. Untuk mempermudah membuat password yang kuat, anda bisa memanfaatkan password generator yang saat ini banyak beredar di Google.

Bedakan data login tiap akun. Buatlah agar tiap akun yang memiliki mempunyai username dan password yang berbeda. Misalnya username dan password akun sosial network anda beda dengan akun email. Dan username dan password dasbor website berbeda dengan akun dasbor cpanel.

Ganti password secara rutin. Anda perlu membuat jadwal kapan password perlu diganti, kalau perlu gunakan aplikasi catatan pengingat. Mengganti password secara rutin terbukti efektif mengurangi tindak peretasan.

Jangan menyimpan data login di draft email. Ini kesalahan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang, menyimpan data login berupa username dan password di draft email. Menurut saya ini sangat beresiko, karena bila peretas berhasil masuk ke email anda maka semua akun anda akan mudah diakses.

Bagi anda pengguna smartphone android, anda bisa memanfaatkan aplikasi manajemen penyimpanan data login seperti 1Password atau LastPass. Aplikasi tersebut sudah mendukung enkripsi data dan keamanan sidik jari. Saya pikir menggunakan aplikasi manajemen data login lebih aman ketimbang menyimpan data login di draft email.

Demikian konsep sederhana mengamankan data login. Rata-rata penggiat digital sudah tahu akan ini, tapi sering sekali mengabaikannya, sehingga timbul rasa penyesalan ketika telah terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *