Ide Menulis Blog dengan Melihat Blog Pesaing di Niche yang Sama

Hal terpenting dalam dunia kepenulisan blog adalah menulis sesuatu yang baru yang mungkin belum pernah dibahas oleh blog manapun. Namun kadang-kala, menulis yang seperti itu bukanlah perkara mudah.

Diluar sana, ide kamu mungkin saja sudah terpikirkan dan diaplikasikan oleh orang lain. Dan rasanya hampir mustahil menulis sesuatu yang belum pernah dibahas di situs web manapun.

Tapi ada satu cara agar ide menulis kamu tetap unik dan fresh meski telah diaplikasikan oleh orang lain, yaitu dengan melihat kekurangan dan kelebihan blog pesaing di niche yang sama.

Caranya bagaimana?

Begini, kamu perlu tentukan dulu niche yang kamu gunakan untuk menulis. Sebagai contoh, blog kamu membahas tentang resep masakan. Disadari atau tidak, ternyata blog yang menulis tentang resep masakan sangat banyak di internet, bahkan ada pemain besar yang barangkali sulit untuk disaingi. Nah, disini tugas kamu untuk melihat kekurangan dari blog mereka yang barangkali bisa menjadi senjata yang baik untuk menggaet visitor dari pasar niche “resep masakan”.

Perlu diketahui, mesin pencari Google bukanlah algoritma biasa, mereka mampu menilai mana artikel berkualitas dan layak masuk pencarian sepuluh besar dan mana yang tidak layak. Maka dari itu, kita harus mampu mengubah cara berpikir kita.

Menurut saya, menulislah dengan sebaik mungkin untuk menyenangkan pembaca, bukannya untuk menyenangkan Google. Karena secara tidak langsung, Google menilai dari perilaku pembaca dalam memberikan rangking terhadap sebuah artikel. Tingkat Bounce yang rendahlah  yang menjadi penilaian Google.

Nah, kamu sudah menetapkan niche untuk ditulis menjadi sebuah artikel. Sekarang buka Google dan searching keyword “resep masakan”. Disana kamu akan melihat 10 besar blog yang berniche resep masakan. Nah, mulailah buka satu persatu blog tersebut untuk mempelajari kekurangan dari tiap blognya.

Di tahap ini sangat dibutuhkan kejelian kamu dalam mempelajari kekurangan dan kelebihan dari blog pesaing kamu. Nah, kekurangan blog-blog tersebutlah yang harus menjadikan kelebihan dari tulisan kamu.

Baik, coba kita lihat isi dari blog yang masuk ke sepuluh besar Google.

  1. Blog posisi pertama di Google: kontennya hanya berupa teori.
  2. Blog posisi kedua di Google: konten teori dan gambar.
  3. Blog posisi ketiga di Google: kontennya hanya berupa teori
  4. Blog posisi keempat di Google: ada info jumlah takaran
  5. Blog posisi keempat di Google: ada video panduan memasaknya.
  6. Dan seterusnya.

Setelah kamu mempelajari kesepuluh blog yang ada di halaman pertama Google, sekarang kamu perlu merangkum kekurangan dan kelebihan dari kesepuluh blog. Lebih baik buatlah tabel Excel yang berisi kolom pertama nama blog dan kolum kedua keterangan blog berupa jenis kontennya.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa kekurangan dari kesepuluh blog tersebut. Sekarang tulislah sebuah artikel yang berisi seluruh konten yang dimiliki oleh kesepuluh blog diatas.

Jadinya, kamu akan menghasilkan sebuah artikel yang berisi teori, gambar, cara praktek langsung melalui video, menambah informasi tentang takaran bumbu, atau sesekali bikin kuis bagi pengunjung setiamu.

Dengan begitu, kamu justru berpeluang menggaet lebih banyak pengunjung dibandingkan blog pesaing kamu.

Artikel yang berkualitas biasanya artikel yang memiliki lebih dari 500 kata, jadi saran saya jangan tergesa-gesa dalam menulis. Pastikan pembaca kamu dapat memahami isi dari artikel kamu. Untuk mempelajari lebih dalam cara menulis artikel yang berkualitas, kamu dapat mempelajarinya di panduan Google Adsense.

Tetap semangat menulis, jangan takut bersaing meskipun lawanmu lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *