Pengalaman Deposito Uang Rp 20 Juta Di Bank BNI Syariah

Beberapa waktu lalu, saya sempat membaca mengenai instrumen deposito. Beberapa orang menyebutkan deposito bukanlah instrumen investasi, media ini hanya digunakan untuk menyelamatkan dana segar dari inflasi. Saya penasaran, sejauh mana instrumen investasi ini bisa menguntungkan, maka saya putuskan untuk mencoba deposito uang dari pos darurat saya.

Oh iya, saya belum pernah membahas bagaimana saya mengelola uang yang dibagi ke dalam beberapa pos. Nanti di lain kesempatan saya akan membahas cara saya mengelola keuangan berdasarkan pembagian pos-pos keuangan.

Rencana mendepositokan sejumlah uang saya bicarakan ke istri, ternyata istri setuju untuk mendepositokan uang. Saya dan istri memilih deposito di Bank BNI Syariah, alasannya tentu yang pertama karena menggunakan akad Mudharabah (bagi hasil). Kedua, karena sudah nyaman menggunakan BNI Syariah sebagai bank tempat menabung uang saya dan istri.

Berapa taksiran pendapatan dari deposito syariah?

Prediksi pendapatan deposito syariah bisa kamu cek melalui simulasi disini. Dari simulasi ini, bila saya mendepositokan uang sebesar Rp 20 juta, maka taksiran bagi hasil 50% nasabah yaitu Rp 85.600. Saya rasa ini cukup bagus untuk menutup nilai inflasi bila dana tersebut dipendam di tabungan biasa.

Cara Deposito Uang di BNI Syariah

Untuk kamu yang ingin mencoba instrumen investasi ini, kamu tinggal datang ke kantor cabang BNI Syariah dengan membawakan buku tabungan BNI Syariah (bila uang dalam tabungan)/uang cash, KTP, dan Materai.

Oh iya, menurut informasi dari CS-nya, minimal uang yang dapat di-depositokan adalah sebesar Rp 1 juta rupiah.

Dalam pemilihan Deposito, kamu nanti boleh memilih masa tenor yang berapa lama. Tentu masa tenor mempengaruhi jumlah persenan nisbah antara kamu dengan pihak bank. Selengkapnya dapat kamu lihat tabel dibawah ini:




























NasabahBank
1 bulan46%54%
3 bulan47%53%
6 bulan49%51%
12 bulan50%50%

Nah, berikut ini contoh bilyet deposito BNI Syariah atas nama istri saya:



Apakah bisa menambah nilai Deposito dalam Tabungan yang Sama?

Jawabannya tidak bisa. Seperti halnya saya yang telah mendepositokan uang sebesar Rp 20 juta, maka uang tersebut tetap dalam satu tabungan deposito. Namun bila ingin menambahkan jumlah dana deposito, maka kamu bisa menggunakan salah satu cara ini:

Pertama, cairkan terlebih dahulu tabungan deposito yang pertama lalu buka tabungan deposito yang baru dari uang yang telah dicarikan ditambah dengan uang lain yang ingin didepositokan.

Kedua, membuka tabungan deposito yang baru tanpa perlu mencairkan tabungan deposito yang lama. Nantinya kamu akan memiliki beberapa tabungan deposito.

Cairkan uang Deposito Bank BNI Syariah

Tabungan deposito BNI Syariah dapat dicairkan kapan saya meski belum mencapai masa tenor. Tenang saya, karena menerapkan sistem syariah maka kamu tidak akan dikenakan denda atau pinalti ketika hendak mencairkan dana. Inilah yang membedakan antara deposito Syariah dengan deposito Konvesional.

Tabungan deposito BNI Syariah dapat kamu cairkan di BNI Syariah dimana saja, tidak harus di cabang tempat awal kamu membuka Tabungan deposito BNI Syariah.

Berdasarkan info yang saya dapat, ternyata bilyet deposito itu bisa diperjual-belikan. Itu artinya siapapun yang memiliki bilyet tersebut bisa dicairkan oleh sembarang orang tanpa perlu surat kuasa. Ini menjadikan bilyet termasuk sebagai surat berharga.

Penutup

Dalam segi investasi, deposito bukanlah instrumen yang menguntungkan. Namun deposito dapat dijadikan sebagai media tempat penyimpanan uang segar yang bilamana sewaktu-waktu dibutuhkan segera dapat dicairkan hari itu juga.

POSTINGAN TERKAIT

Komentar

  1. wah jadi mau coba nih..
    thanks infonya..

    BalasHapus
  2. sekarang hanya 71rb untuk 20jt dan belum potongan ppn 20%

    BalasHapus
  3. Klo hitungan di web simulasi kok lebih besar dari ini ya..

    BalasHapus
  4. Boleh dicoba kalau niatnya sekedar menambung, bukan berinvestasi

    BalasHapus
  5. Besaran simulasi mengikuti jumlah keuntungan bulan sebelumnya, jadi simulasi hanya sebuah gambaran, bukan patokan tetap

    BalasHapus
  6. Rully Andre14/5/20 5:26 AM

    taksiran bagi hasil 50% nasabah yaitu Rp 85.600, itu akan diterima setiap bulan selama tenor 12 bulan? Maaf, saya masih awam deposito.

    BalasHapus
  7. Betul, keuntungan bagi hasil akan dikirim langsung ke rekening setiap bulannya.

    BalasHapus
  8. […] Kamu bisa mempelajari tentang dana darurat di artikel Tips Cara Mengelola / Mengatur Keuangan dengan Benar. Dan baca juga Pengalaman Deposito Uang Rp 20 Juta Di Bank BNI Syariah. […]

    BalasHapus