Cara di Undang Menjadi Mitra Quora

Bagi yang belum tahu tentang Quora, akan saya jelaskan sedikit. Quora adalah media sosial tanya-jawab layaknya Yahoo Answers. Nah, untuk menggunakan Quora kamu tinggal daftar menjadi user Quora, lalu kamu bisa berinteraksi dengan cara melemparkan pertanyaan atau menjawab pertanyaan yang dibuat oleh orang lain.

Nah, lebih seru lagi, ternyata Quora bisa digunakan untuk menghasilkan pundi-pundi dolar dengan bergabung kedalam program Mitra Quora. Bagaimana caranya bergabung menjadi Mitra Quora? ini yang sulit, karena sewaktu kamu mendaftar Quora, kamu tidak secara otomatis tergabung kedalam Mitra Quora. Harus ada undangan terlebih dahulu dari Quora yang dikirim via email agar kamu bisa menjadi Mitra Quora.

Saya sendiri mendapatkan undangan Mitra Quora pada kedua akun saya secara bersamaan (saya punya dua akun Quora). Undangan tersebut saya dapat sekitar bulan Oktober 2019 yang lalu. Meski saya adalah Mitra Quora, namun saya belum begitu serius menggeluti bidang ini, karena waktu saya telah tersita oleh kerjaan luar dan beberapa blog dan website saya.

Berikut ini adalah jumlah pendapatan saya sejak Oktober 2019. Penghasilan yang sama sekali tidak bisa dibanggakan.



Lalu, bagaimana agar kita mendapatkan undangan menjadi Mitra Quora?

Sebelum saya membahas menurut pandangan saya, mari kita simak beberapa senior di Quora pernah memaparkan langkah-langkah agar berpeluang besar tergabung dalam Mitra Quora. Berikut ini adalah pandangan mereka:
Saya rasa hasil risetnya adalah jawaban yang dicari-cari orang selama ini. Saya baru saja diundang menjadi Mitra Quora. Apa yang pernah saya lakukan? Hanya pernah mengajukan satu pertanyaan di Quora Bahasa Inggris dan dapat satu jawaban. Selebihnya tidak ada, tidak pernah upvote, jawab, share, mengikuti /diikuti, dll. Terima Kasih hasil risetnya.

 

Dipo Putra

Sebuah pertanyaan yang belum pernah ditanya oleh orang lain, membuat Dipo Putra diundang menjadi Mitra Quora. Anda perlu, hal tersebut juga yang saya alami. Saya menanyakan sesuatu yang belum pernah ditanyakan oleh orang lain di Quora, lalu beberapa waktu kemudian saya pun di undang menjadi Mitra Quora. Bahkan kedua akun Quora saya sekarang ini adalah Mitra Quora.

Tapi ini hanyalah sebuah pradugaan, untuk keberhasilannya tidak seratus persen akurat. Namun tidak ada salahnya untuk dicoba.
Menurut saya pribadi, opini pribadi loh ya, sering menjawab dan bertanya untuk menjadi mitra Quora itu tidak ada kaitannya atau bisa dibilang mitos. Bisa jadi Quora merekrut mitra secara random/acak.

 

Nurul Azmi

Menurut Nurul, semenjak ia membuat akun Quora pada bulan April 2019, ia sama sekali tidak pernah mengajukan pertanyaan ataupun menjawab pertanyaan. Namun tiba-tiba ia mendapatkan email bahwa dia diundang menjadi salah satu Mitra Quora.
Banyak menambahkan pertanyaan berkualitas, menarik, dan mendorong pengguna lain menjawabnya. Sering-sering aja menuliskan pertanyaan berbobot, nanti ‘terdeteksi” oleh tim Mitra Quora.

 

Asep Syamsul

Nasehat Asep Syamsul juga patut dipertimbangkan. Bisa jadi tim Mitra Quora melirik mereka yang sering mengajukan dan menjawab pertanyaan berkualitas.
Sejujurnya, saya masih belum paham mengenai algoritma bagaimana suatu akun Quora tiba-tiba mendapat undangan menjadi Mitra Quora. Hal ini juga terjadi pada saya.

 

Saya sendiri bergabung dengan Quora pada bulan Februari 2019 kemarin. Saya mencoba login menggunakan akun yang tersambung dengan akun Facebook saya. Menjawab hanya 5 pertanyaan lalu saya tinggalkan. Kemudian, saya lupa masih punya akun yang terkoneksi dengan Facebook, dan malah membuat akun baru menggunakan bantuin Gmail saya (yang sekarang saya gunakan).

 

Bulan Mei 2019 kemarin iseng-iseng coba login Quora dengan akun Facebook, ternyata dapat notifikasi undangan Mitra Quora. Sungguh hal yang membingungkan memang.

 

Yohanes Dito Prabowo Diaz

Memang masih sangat misterius bagaimana tim Quora itu menentukan siapakah yang berhak untuk diundang menjadi Mitra Quora.

Diantara semua jawaban user Quora, tampaknya belum ada yang benar-benar mengetahui bagaimana Quora mengundang seseorang menjadi membernya. Namun, saya kok curiga, kenapa kedua akun saya malah diundang menjadi mitra Quora dalam waktu bersamaan. Pasti ada yang spesial dari akun saya, kalau benar Quora mengundang user menjadi mitra Quora secara random, kecil kemungkinan kedua akun saya terpilih menjadi mitra Quora secara bersamaan, ya paling hanya satu akun. Apalagi saya percaya, tidaklah sebodoh itu tim Quora mengundang menjadi mitra secara random, mereka tidak mungkin mempertaruhkan platform Quora yang sudah dikenal tempat berkumpulnya orang-orang haus wawasan. Jadi tidak ada yang namanya undangan random, yang ada kita hanya belum mengetahuinya saja.

Dari hasil pengamatan saya, jelas Quora tidak melihat akun berdasarkan jumlah pertanyaan/jawaban yang kita ajukan atau jumlah vote yang telah kita lakukan. Berarti ada kriteria lain yang terlupakan. Kamu tahu apa? saya mengecek kedua akun saya, nah kedua akun saya memiliki nama, deskripsi dan kredensial yang sama. Dan akhirnya saya menaruh curiga bahwa ini kuncinya.

Selain itu, yang menambah kecurigaan saya dimana pertanyaan yang mengandung unsur curhat sulit mendapatkan bayaran meski jumlah interaksinya tinggi.

Saya memprediksi bahwa mereka yang diundang menjadi mitra adalah mereka yang memiliki kredensial yang kredibel. Pertama, akun yang menambah secara lengkap kredensial berpeluang diundang menjadi mitra Quora. Kedua, dalam kredensial tersebut kamu menaruh profesi profesional, maka kamu sangat berpeluang menjadi mitra Quora, hal ini dilihat oleh Quora kalau kamu orang yang expert untuk mengajukan/menjawab pertanyaan sesuai dengan profesimu. Ketiga, orang yang berpeluang diundang menjadi mitra Quora adalah mereka yang memiliki titel akademisi di kredensialnya.

Jadi, bagi kamu yang ingin menjadi mitra Quora, maka kamu harus menunjukkan bahwa kamu orang yang profesional dengan cara melengkapi kredensial sebaik mungkin. Saya rasa hal ini yang banyak belum disadari oleh user Quora.

POSTINGAN TERKAIT

Komentar

  1. Saya juga diundang, padahal saya tidak terlalu aktif di quora.

    BalasHapus
  2. akunnya saya beli aja sini kak, email saya : andrianyuanto@gmail.com

    BalasHapus
  3. Apakah ada yang menjual akunya ?
    Silahkan hub. Saya di iamgamers01@gmail.com

    BalasHapus
  4. Mau nanya dong Gan Monza Aulia, apakah foto profil / pp juga berpengaruh nih? Apakah harus memakai foto manusia / nampak wajah, bagaimana jika foto abstrak dengan pemandangan atau bahkan karakter anime-kartun?

    BalasHapus