Investasi Emas Melalui Tabungan Emas Tokopedia

Pernahkan kamu berbelanja di Tokopedia? Pernahkah kamu menjumpai opsi membulatkan jumlah biaya yang harus dibayarkan dan jumlah bulatannya itu dikonversi menjadi tabungan emas? Kalau kamu pernah dan bahkan memilih opsi tersebut, maka saya ucapkan selamat kamu telah memulai belajar untuk berinvestasi emas.

Terus terang saya mengetahui kalau Tokopedia bisa digunakan untuk menabung emas secara tidak sengaja. Waktu itu saya niatnya mau membeli barang, nah ketika proses check out ada opsi dimana membulatkan jumlah bayaran dengan emas. Itu sekitaran bulan Juli 2019.

Opsi membulatkan biaya akhir dengan pembelian emas ini merupakan fitur yang menurut sangat menarik, karena secara tidak langsung kita diajak untuk belajar menabung emas sedikit demi sedikit.

Bagi yang belum pernah mengetahui kalau Tokopedia bisa digunakan untuk menabung emas, silahkan lihat gambar dibawah ini.

Dari gambar diatas, kamu bisa lihat ada opsi Bulatkan Tagihan dengan Nabung Emas.

Dalam simulasi check out yang saya buat diatas, saya membeli sebuah unit barang dengan harga tagihan seharusnya adalah Rp 2.576.000. Namun karena saya memilih opsi membulatkan tabungan jadi emas, maka tagihan saya ditambah Rp 24.000 sehingga menjadi Rp 2.600.000.

Nah, nilai Rp 24.000 tersebut akan dikonversi menjadi gram emas dan ditambahkan ke tabungan emas saya. Begitulah kira-kira prosesnya.

Menabung emas sambil berbelanja bukanlah cara satu-satunya di tokopedia, ini hanya sebatas opsi sambil menyelam minum air. Opsi lain yang bisa kita gunakan untuk menabung emas di Tokopedia adalah dengan cara Top Up langsung ke tabungan emas kita di Tokopedia.

Cara top up emas di Tokopedia ini sama saja seperti kita Top Up menggunakan aplikasi Pegadaian Digital. Namun, kalau kamu baru memulai menabung emas di Tokopedia, level member pertama kamu baru tingkat Gold Club. Level ini hanya bisa menabung emas hingga 1 gram saja. Kalau ingin lebih, kamu harus naik level.

Level diatasnya adalah Gold Prime, keuntungannya kamu bisa menabung emas hingga 10 gram. Syarat menjadi Gold Prime, akun tabungan emas harus terverifikasi. Cara verifikasi tabungan emas di Tokopedia bisa kamu ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka Tokopedia melalui smartphone atau perangkat komputer, lalu login dengan akun Tokopedia kamu. Kalau belum punya akun, silahkan daftar terlebih dahulu.
  2. Buka menu Emas, lalu klik Info Selengkapnya. Setelah itu, isi biodata sesuai dengan identitas pribadi.
  3. Tunggu akun kamu di verifikasi oleh Tokopedia.

Akun saya sendiri hanya sampai ke level Gold Prime saja. Diatas level Gold Prime adalah level Gold Prestige. Keuntungan menjadi Gold Prestige, kamu bisa bebas menabung emas tanpa batas.

Kenapa saya tidak mau naik level? Karena untuk naik menjadi Gold Prestige, kita harus mendaftar kembali ke kantor Pegadaian. Sedangkan saya kan sudah punya akun sendiri di Pegadaian, jadi saya belum tertarik memiliki dua akun di Pegadaian.

Kenapa ada hubungannya dengan Pegadaian? Sedikit info dari saya, sejak Januari 2019 Tokopedia bekerja sama dengan Pegadaian untuk menghadirkan layanan menabung emas. Jadi, tabungan emas di Tokopedia merupakan hasil kolaborasi dari dua badan usaha.

Yang lebih menarik lagi, kalau di Pegadaian kita dapat menabung emas dimulai dari Rp 7000, di Tokopedia kita bisa memulai tabungan emas kita hanya dengan Rp 500 perak saja.

Berikut ini adalah tabel perbedaan ketiga level tabungan emas Tokopedia.

Gold Club Gold Prime Gold Pestige
Batas Maksimal Menabung 1 Gram 10 Gram Tanpa Batas
Batas Maksimal Transaksi Jual & Beli 10 Gram 10 Gram Tanpa Batas
Berlangganan Emas Tidak Ya Ya
Syarat Tanpa syarat Verifikasi Identitas Pribadi Registrasi ke Kantor Pegadaian

Top Up Emas di Tokopedia

Cara Top Up di Tokopedia mudah sekali, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Buka menu Emas melalui aplikasi Tokopedia smartphone anda atau langsung melalui browser komputer di Tokopedia Emas.
  2. Klik Beli Emas. Lalu pada form nominal sebelah kiri, isikan berapa rupiah yang ingin kamu belikan emas, nanti secara otomatis akan dikonversi ke dalam jumlah berat emas yang ada di sebelah kanan.
  3. Lalu klik tombol bayar, selanjutnya kamu tinggal memilih metode bayar yang kamu sukai.
  4. Tunggu beberapa menit untuk Tokopedia memverifikasi pembayaranmu, setelah itu secara otomatis emas akan masuk ke tabungan emasmu.

Catatan: Jumlah maksimal Top Up tergantung dengan tingkat level dan berat emas yang kamu beli tergantung dengan harga beli pada saat itu menurut harga emas PT Pegadaian.

Jual Emas di Tokopedia

Kalau di Pegadaian, minimal emas yang bisa kamu jual adalah 1 gram, sedangkan di tabungan emas Tokopedia kamu bisa menjual emas berapapun beratnya.

Cara menjual emas di tabungan emas Tokopedia bisa ikuti langkah dibawah ini:

  1. Buka menu Emas melalui aplikasi Tokopedia smartphone anda atau langsung melalui browser komputer di Tokopedia Emas.
  2. Klik Jual Emas. Lalu pada form nominal sebelah kiri, isikan berapa rupiah yang ingin kamu jual, nanti secara otomatis akan dikonversi ke dalam jumlah berat emas yang ada di sebelah kanan. Kalau ingin jual semua, centang Jual Semua.
  3. Klik tombol Lanjut. Lalu kamu nanti akan diminta untuk Verifikasi transaksi yang kamu lakukan.
  4. Bila sudah, secara otomatis dana penjualan emas akan masuk ke saldo Tokopedia kamu. Nanti saldo tersebut bisa kamu request untuk pencarian ke akun rekening bank kamu.

Catatan: Jumlah maksimal jual tergantung dengan tingkat level dan berat emas yang kamu jual tergantung dengan harga jual pada saat itu menurut harga emas PT Pegadaian.

Berapa Jumlah Tabungan Emas Saya di Tokopedia?

Jumlah tabungan emas saya masih sangat sedikit, baru recehan, yakni 0.024 gram (Rp 16.760). Semuanya berasal dari jumlah yang dibulatkan dari transaksi belanja barang di Tokopedia.

Saya belum pernah Top Up emas secara langsung di tabungan emas Tokopedia, karena saya hanya ingin fokus berinvestasi emas di Pegadaian saja. Namun bukan berarti menabung emas di Tokopedia tidak ada manfaatnya sama sekali, malah kalau saya lihat lebih mudah berinvestasi di tabungan emas Tokopedia ketimbang langsung di Pegadaian.

Berikut ini perbandingan menabung emas di Tokopedia dan Pegadaian.

Perbandingan *Tokopedia Pegadaian
Proses Registrasi Kantor Pegadaian Kantor Pegadaian
Jumlah Maksimal Tabungan Tanpa batas Tanpa batas
Maksimal Beli Emas Tanpa batas 10 juta per hari
Maksimal Jual Emas Tanpa batas Tanpa batas
Minimal Beli Emas Rp 500 0.01 Gram (Rp 7000)
Minimal Jual Emas Tanpa batas 1 Gram

*Tabungan emas Tokopedia Level Gold Prestige.

Bagaimana dengan menabung emas di BukaLapak? Kalau yang ini saya belum pernah coba, namun bila ada yang pernah mencobanya, silahkan tinggalkan pengalamannya di kolom komentar, nanti akan saya postingan sebagai tambahan informasi artikel ini.

Kesimpulan

Menabung emas sudah sangat mudah sekarang ini, kamu dapat menabung emas hanya melalui genggaman. Selain dari Pegadaian, kamu juga bisa menabung melalui Tokopedia yang memberikan beragam kemudahan.

Tabungan emas Tokopedia merupakan hasil kolaborasi dengan Pegadaian. Meski begitu, perbandingan kedua tabungan tersebut begitu mencolok. Meski saya belum fokus menabung emas di Tokopedia, saya menilai Tokopedia memberikan fitur lebih menarik dibandingkan menabung emas secara langsung di Pegadaian.

Fitur tabungan emas yang disediakan oleh Tokopedia dibagi menjadi tiga level, nah tiap level memiliki tingkat kemampuan berbeda. Perbandingannya sudah saya paparkan dalam bentuk tabel diatas.

Selamat berinvestasi dan mari tumbuhkan budaya investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *