Panduan Lengkap Membuat Blog dengan Platform Blogger.com

Ini merupakan seri terakhir dari kategori panduan website. Setelah sebelumnya saya telah membahas panduan membuat website dari perkenalan HTML, CSS, bagaimana memilih hosting & domain, hingga seri panduan WordPress.

Panduan membuat blog dengan platform Blogger.com saya tulis untuk melengkapi seluruh seri panduan website. Rasanya kurang afdol bila tidak membahas topik ini, karena yang namanya internet marketing dan bisnis online ini dapat menggunakan wadah blog ataupun website.

Bila kamu berniat terjun ke bisnis online, senjata utama yang wajib kamu miliki tidak lain adalah sebuah blog ataupun website. Kedua jenis ini bisa kamu bangun dengan bantuan platform WordPress maupun Blogger.com.

Bagaimana cara memilih mana yang terbaik dari kedua platform tersebut?

Kalau itu pertanyaannya, jawaban yang paling tepat yakni dua-duanya adalah yang terbaik di segmennya masing-masing. Cuma, kalau boleh saya menganjurkan, bila niatnya ingin membuat website ataupun toko online, maka saran saya buatlah menggunakan WordPress.

Kenapa website atau toko online lebih baik menggunakan WordPress?

Alasannya sederhana, platform WordPress mudah digunakan dan banyak plugin yang mendukung pemforma website kamu. Selain itu, WordPress dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan website kamu. Jadi saya pikir untuk membangun website, WordPress adalah pilihan terbaik.

Baca: Panduan Lengkap Membuat Website dengan Platform WordPress

Kalau yang kamu butuhkan hanya sekedar sebuah blog, maka saran terbaik saya adalah membuatnya dengan menggunakan Blogger.com.

Loh, kenapa Blogger.com? Pertama, lebih efesien, karena yang kamu butuhkan untuk membuat blog hanyalah sebuah email. Kedua, hemat, kamu tidak diwajibkan membeli domain atau hosting.

Apa tidak bisa membuat blog dengan menggunakan WordPress saja? Tentu bisa, namun kalau kita bicara efesiensi, maka Blogger.com adalah pilihan yang tepat.

Sama saja seperti bila kamu ingin membuat toko online, dengan Blogger.com juga bisa, namun untuk fitur-fitur websitenya nanti sangat sulit dikembangkan.

WordPress yang kita bicarakan adalah platform open source WordPress yang dapat didownload di WordPress.org. Bukan WordPress.com, jadi jangan salah menafsirkan. Keduanya barang yang berbeda, meski bernaung di perusahaan yang sama.

Lantas, bagaimana dengan WordPress.com? Apakah bisa saya membuat blog dari WordPress.com? Tentu bisa, cuma saya kurang sukanya di wordpress.com ini, hanya untuk menggunakan fitur costum domain saja dikenakan biaya, ditambah lagi tidak bisa sesuka hati mengedit template.

Mendingan pakai Blogger.com yang fiturnya saya pikir sudah cukup lengkap.

Kesimpulannya begini, kalau kamu ingin membuat website, pilih WordPress.org. Sedangkan kalau kamu hanya ingin sekedar membuat blog, pilih Blogger.com

Lalu kamu bingung, beda website dengan blog apa sih?

Nah, barangkali ini selalu menjadi pertanyaan di kalangan netizen. Kalau menurut saya, perbedaan diantara keduanya itu terletak dari tujuan membuatnya dan fitur yang disediakan.

Sederhananya begini, website adalah laman online yang memiliki beragam fitur, yang mana tujuannya sebagai laman yang memberikan pelayanan dan informasi tertentu. Contohnya Facebook.com, Tokopedia.com, BNI.co.id dan lain-lain.

Sedangkan blog adalah laman online yang digunakan sebagai wadah menulis dari si pemilik blog, berupa opini, cerita, dan lainnya. Bisa dikatakan blog adalah website pribadi. Misalnya blog saya ini.

Tapi jangan salah, banyak loh yang awal mulanya sebuah blog namun seiring waktu bertransformasi menjadi sebuah website. Bahkan menjadi sebuah website raksasa. Salah satunya yang paling fenomenal adalah huffingtonpost.com.

Satu lagi, baik website ataupun blog sama-sama bisa dijadikan sebagai wadah bisnis online, tinggal kamu sesuaikan saja dengan produk/jasa yang kamu tawarkan, apakah cocoknya menggunakan website ataupun blog.

Baik. Kalau kamu sudah paham, mari kita simak langkah-langkah membuat blog dengan Blogger.com.

Artikel ini nantinya akan sangat panjang, kamu boleh melompat pada langkah selanjutnya bila pada langkah sebelumnya kamu sudah paham dan sudah mengerjakannya.

Bagian 1: Membuat Email Akun Gmail

Bagian 2: Membuat Blog dengan Blogger.com

Membuat Email Akun Gmail

Gmail merupakan layanan surel (email) dari Google. Saat ini akun gmail dianggap sebagai akun utama dari Google. Bila kamu menggunakan layanan Google, maka terlebih dahulu wajib memiliki akun gmail terlebih dahulu.

Berhubung Blogger.com adalah kepunyaan Google, berarti sebelum membuat blog kamu wajib membuat akun gmailnya dulu. Kamu boleh melanjutkan ke langkah 2 bila sudah memiliki akun gmail.

  1. Buka gmail.com. Kamu akan dibawa ke halaman gmail.
  2. Klik tombol Buat Akun (yang berwarna biru). Setelah itu kamu akan dibawa ke halaman pendaftaran akun gmail. Isilah data yang diperlukan, seperti Nama Lengkap, Nama Akun, dan Password.
  3. Klik tombol Berikutnya. Lalu lengkapi data keamanan kamu. Selanjutnya kamu diminta untuk mengkonfirmasi nomor telepon yang kamu masukkan tadi dengan menekan tombol Kirim.
  4. Bila nomor teleponnya benar, kamu akan medapatkan sms berupa kode verifikasi. Nah, masukkan kode verifikasi tersebut dan tekan tombol Verifikasi.
  5. Jika berhasil, maka akan muncul halaman seperti dibawah ini. Tekan tombol Ya, say ikut. Setelah itu, muncul halaman Privasi dan Persyaratan, kamu perlu menyetujuinya dengan melakukan scroll kebawah dan tekan tombol Saya setuju.
  6. Selamat, akun gmail kamu berhasil dibuat. Untuk langkah pertama sudah selesai, sekarang kamu masuk ke langkah selanjutnya yakni membuat sebuah blog.

Membuat Blog dengan Blogger.com

Kamu sudah memiliki akun gmail, mulai sekarang kamu bisa memanfaatkan semua fitur dari Google. Untuk kali ini, fokus kita hanya belajar salah satu fitur Google berupa Blogger.com.

  1. Buka website Blogger.com, maka akan muncul halaman seperti dibawah ini.
  2. Klik tombol Buat Blog (berwarna oranye). Kamu akan dibawa ke halaman login Google, pilih akun dan masukkan password.
  3. Lalu isi nama tampilan. Nanti nama tampilan menjadi nama profil blogger kamu.
  4. Klik tombol Buat Blog Baru. Lalu isikan judul blog kamu dan alamat blog kamu. Bila alamat blog tersedia, maka akan muncul centang warna biru. Terakhir, pilih Tema (Template) yang ingin kamu gunakan. Kalau sudah, tekan tombol Buat Blog!
  5. Nah, bila muncul halaman Google Domains, saran saya abaikan saja dulu dengan menekan tombol Lain kali. Google Domains ini merupakan layanan pembelian domain premium dengan berbagai ekstensi. Hal ini nanti saja kita bahasnya di langkah-langkah selanjutnya.

Nah, selamat, kamu sudah memiliki sebuah blog. Namun sejujurnya masih ada langkah-langkah selanjutnya yaitu mempercantik, belajar menggunakan blog dan mengelola pengaturan blog.

Kalau kamu sudah lelah, silahkan istirahat terlebih dahulu dan langkah selanjutnya dilanjutkan besok. Tapi kalau masih bersemangat, mari kita lanjutkan pembelajaran kita cara membuat blog dengan Blogger.com.

Fitur Postingan

Dalam fitur ini kamu dapat menambah, menghapus dan mengedit postingan. Disini adalah inti dari sebuah blog.

a. Menambah Postingan

Tekan tombol Entri Baru yang ada di bagian atas. Setelah itu akan muncul halaman editor. Nah, di halaman ini kamu bisa menulis postingan baru.

Berikut ini keterangan fungsi yang saya sesuaikan dengan nomor yang ada pada gambar.

  1. Kamu dapat menulis judul artikel kamu disini.
  2. Di kolom ini kamu dapat menulis isi artikel baik itu berupa text, gambar atau video.
  3. Compose/HTML. Bila memilih mode Compose, artinya artikel kamu ditulis layaknya menulis di Microsoft Word, fungsi HTML diubah secara otomatis. Sedangkan bila memilih mode HTML, maka kamu harus menulis dengan mengikuti format HTML.
  4. Undo/Redo. Undo (tanda panah kekiri) fungsinya untuk membatalkan suatu perintah yang sudah dilakukan sebelumnya. Redo (tanda panah kekanan) fungsi untuk mengulang sesuatu yang telah dibatalan sebelumnya.
  5. Untuk memilih format tulisan yang ingin digunakan, namun fungsi ini hanya berjalan bila kamu menggunakan tema (template) yang disediakan oleh Blogger.com.
    Font Size. Seperti hal namanya, fungsinya untuk mengatur ukuran tulisan.
    Heading. Untuk mengatur paragraph dan heading judul dalam artikel.
  6. Bold, untuk menebalkan tulisan. Italic, untuk memiringkan tulisan. Underline, untuk membuat garis bawah tulisan. Strikethrough, untuk membuat garis tengan di tulisan.
  7. Text Color, untuk menentukan warna tulisa. Text Background Color, fungsinya untuk memberikan warna latar pada tulisan yang dipilih, sama halnya seperti menstabilokan tulisan.
  8. Link, memberikan tautan didalam tulisan. Insert Image, menambah gambar ke dalam postingan. Insert a Video, menambah video ke dalam postingan. Insert Special Characters, fungsi dimana kamu bisa menambahkan beberapa karakter HTML. Insert Jump Break, fungsinya untuk memotong bagian menjadi cuplikan artikel di halaman utama.
  9. Alignment, fungsinya untuk mengatur tulisan rata kiri, tengah, kanan, dan sejajar. Number list, untuk membuat list dengan angka. Bullet list, untuk membuat lift dengan poin. Quote, fungsinya untuk memberi tanda bagian tulisan yang menjadi kutipan. Remove Formatting, fungsinya untuk menghapus perintah yang telah ditentukan sebelumnya, misalnya kamu membuat quote, maka kamu bisa menghapus dengan fitur ini. Check Spelling, fungsinya untuk mengecek tanda baca.
  10. Tombol Publikasikan. Fungsinya untuk mempublikasikan postingan bila postingan telah selesai dikerjakan.
  11. Tombol Simpan. Fungsi tombol ini untuk menyimpan postingan ke dalam bentuk draft, yang artinya postingan tidak dipublikasikan dulu.
  12. Tombol Pratinjau. Fungsinya untuk melihat pratinjau tulisan kita sudah benar atau belum.
  13. Tombol Tutup. Fungsinya untuk menutup halaman editor.
  14. Untuk mengkategorikan tulisan dalam bentuk label. Tanda label bisa ditambah sebanyak mungkin, pisahkan tiap label dengan koma.
  15. Fitur ini berfungsi mengatur jadwal publikasi. Opsinya ada 2, bisa otomatis atau jadwalnya bisa disetel.
  16. Tautan Permanen. Mengatur bentuk permalink yang diinginkan.
  17. Bila ingin menentukan lokasi dari si penulis.
  18. Ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih di fitur ini. Misalnya mengizinkan postingan tersebut dikomentari atau tidak, mengatur model tulisan, dan menyetel baris baru.

Kamu sekarang sudah mengenal berbagai fungsi yang ada di halaman editor. Singkatnya, bila kamu ingin mempostingan sebuah artikel, kamu pertama kali perlu mengisi judul, menulis artikel di kolom isi, menambah Label, dan langsung menekan tombol Publikasikan.

Tidak semua fitur diatas nantinya kamu gunakan, tentu disesuaikan dengan kebutuhan. Lebih baik kamu mencoba sendiri satu persatu fitur tersebut supaya kamu akan lebih faham fungsinya untuk apa.

b. Mengedit dan Menghapus Postingan.

Dibawah judul, kamu akan melihat tiga link, yakni Edit, Lihat, dan Hapus. Bila kamu menekan link edit, maka kamu akan dibawa ke halaman editor. Bila menekan hapus, maka postingan akan hilang dari daftar. Dan bila kamu menekan Lihat, maka kamu akan dibawa ke halaman artikel dalam blog.

Fitur Statistik

Kamu dapat melihat statistic kunjungan berdasarkan waktu, jenis browser, hingga berdasarkan postingan yang paling banyak dibaca.

a. Ikhtisar

Menampilkan statistik kunjungan secara umum.

b. Postingan

Menampilkan jumlah kunjungan per postingan atau halaman.

c. Sumber lalu lintas

Menampilkan jumlah kunjungan berdasarkan asal mula visitor hingga sampai ke blog kamu.

d. Pemirsa

Menampilkan jumlah visitor per Negara, berdasarkan browser dan OS yang digunakan.

Fitur Komentar

Dalam fitur ini, semua komentar dari blog kamu akan masuk kesini. Kamu dapat menghapus komentar yang dianggap SPAM (komentar sampah).

Fitur Halaman

Halaman merupakan sebuah laman yang sifatnya statis yang fungsinya khusus membuat halaman seperti About Me, Contact Us dan lainnya.

a. Membuat Halaman di Blogger.com

  1. Klik Buat halaman baru. Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman editor.
  2. Kamu tinggal membuat halaman baru layaknya membuat postingan baru.

b. Mengedit dan Menghapus Halaman

Mengedit dan Menghapus Halaman sama seperti kamu melakukannya di Postingan.

Fitur Tata Letak

Dalam fitur ini, kamu dapat menambahkan sebuah gadget. Gadget adalah fitur tambahan yang memiliki fungsi tertentu yang akan ditampilkan di blog kamu.

a. Daftar gadget

Beberapa Gadget yang tersedia diantaranya:

  • Entri yang Diunggulkan
  • Penelusuran Blog
  • HTML/JavaScript
  • Profil
  • Arsip Blog
  • Header
  • Pengikut
  • Gambar
  • Label
  • Halaman
  • Daftar Link
  • Teks
  • Postingan Populer
  • Statistik blog
  • Daftar Blog
  • Ikuti lewat Email
  • Feed
  • Logo
  • Tautan Berlangganan
  • Terjemahan
  • Daftar
  • Formulir Kontak
  • Wikipedia
  • Atribusi
  • Laporkan Penyalahgunaan

a. Cara menambahkan gadget di Blogger.com

  1. Klik link Tambahkan Gadget. Lalu akan muncul daftar gadget yang bisa ditambahkan.
  2. Klik logo plus (+) berwarna biru di sebelah kanan daftar Gadget.

b. Cara mengedit atau menghapus gadget di Blogger.com

  1. Klik link Edit pada bagian bawah kanan gadget yang ingin diedit atau dihapus.
  2. Edit bila perlu diedit, atau tekan tombol hapus bila ingin menghapus gadget.

Fitur Tema

Dulu namanya template, tapi sekarang sudah diubah namanya menjadi Tema. Fungsinya sebagai tempilan desain sebuh blog. Kamu dapat menggunakan tema yang telah tersedia di Blogger.com atau kamu juga dapat mendownloadnya di internet.

Lihat bagian-bagian tema dibawah ini.

  1. Backup/Pulihkan. Artinya menyimpan data tema cadangan atau memulihkan data cadangan yang telah dibackup sebelumnya.
  2. Tampilan versi komputer (web). Coba lihat bagian bawah, ada 2 tombol, yakni Sesuaikan dan Edit HTML. Nanti dibagian bawah saya akan jelaskan lebih lanjut fungsinya.
  3. Tampilan versi mobile (smartphone). Dalam setelan, kamu dapat memilih opsi apakah ketika diakses via mobile ingin tampilannya dialihkan ke mobile atau tidak.
  4. Tema-tema yang dapat kamu pilih. Cara klik salah satu tema, lalu klik tombol Terapkan ke Blog.

a. Sesuaikan tema yang telah dipilih

Fungsi ini dapat diterapkan bila kamu memilih tema yang sudah telah tersedia oleh Blogger.com. Nah, untuk menerapkan fungsi ini, kamu tinggal klik tombol Sesuaikan. Maka akan muncul halaman seperti dibawah ini:

  1. Tema, kamu dapat mengubah tema dari sini.
  2. Latar belakang, mengubah warna background. Untuk mengubah Gambar latar, tinggal klik dan pilih gambar yang dimau. Untuk mengubahnya kamu tinggal klik Tema warna utama dan tinggal memilih warna yang diinginkan.
  3. Sesuaikan lebar, untuk mengubah ukuran blog.
  4. Tata letak, kamu dapat mengubah posisi sidebar dan gadget disini.
  5. Lanjutan, di opsi ini kamu bisa mengubah bentuk font, ukuran dan warna font disetiap bagian blog.

b. Mengedit tema melalui HTML Editor

Ini khusus untuk sudah expert, bagi kamu yang belum begitu memahami, disaran untuk tidak mengubah apapun yang ada didalamnya.

Silahkan pelajari panduan belajar HTML dan panduan belajar CSS terlebih dahulu sebelum kamu benar-benar menggunakan fitur ini.

c. Mengganti tema blog dengan tema hasil download dari internet.

Pertama, kamu perlu download terlebih dahulu tema yang inginkan. Saran saya hati-hati memilih tema diluar sana, karena ditakutkan ada tema yang menyisipkan link yang merugikan blog kamu.

Saya contohkan mendownload tema di btemplates.com. Hasilnya saya akan mendapatkan sebuah file .xml

Kedua, tekan tombol Backup/Pulihkan di bagian kanan atas. Sebelum mengganti tema yang baru, lebih baik backup terlebih dahulu tema yang kamu gunakan saat ini dengan menekan tombol Download tema.

Setelah itu, klik tombol Pilih File dan upload file tema baru yang berformat .xml. Bila sudah, maka tampilan blog kamu akan berubah dengan tampilan dari tema yang baru.

Fitur Setelan

Ini adalah fitur terpenting yang tidak boleh kamu lewati, karena fitur ini sangat mempengaruhi pemforma dari blog kamu.

a. Dasar

  1. Judul. Isi judul blog kamu, gunakan judul yang mengandung kata kunci.
  2. Deskripsi. Isi dengan deskripsi yang dapat menggambar dari isi blog kamu.
  3. Privasi. Lebih baik jangan ubah apapun dengan fitur ini, fungsinya memberi perintah apakah membolehkan mesin pencari menelusuri blog kamu atau tidak.
  4. Alamat Blog. Alamat blog default kamu yakni namakamu.blogspot.com, alamat blog tersebut dapat kamu ubah kapan saja dan dengan nama apapun asalkan masih tersedia. Kamu juga dapat mengubah ke domain costum premium, misalnya namakamu.com. Untuk penjelasan lengkapnya akan kita bahas di bagian bawah ini.
  5. HTTPS. Secara default, fungsi ini diaktifkan. Jadi, sangat disarankan untuk tidak mengubah setelah apapun dibagian ini.
  6. Penulis blog. Fungsi ini digunakan bila kamu ingin menambah penulis di blog kamu.
  7. Pembaca blog. Kamu dapat memilih apakah blog kamu boleh dibaca secara public atau private.

Menambah costum domain pada Blogger.com

Pertama, kamu harus punya domain terlebih dahulu. Kamu dapat membeli domain di webhosting yang saya rekomendasikan.

Baca:

Kedua, klik link “Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda” yang berada di bawah form alamat blog.

Ketiga, masukkan domain kamu di form Setelah domain pihak ketiga. Misalnya www.namakamu.com (diawali dengan www.). Lalu klik Simpan.

Jika kamu mendapatkan pesan error 12 dan 32 silakan abaikan saja, yang penting kamu sudah mendapatkan CNAME 2 yang dibutuhkan untuk konfigurasi di member area Webhosting.

Keempat, silahkan kamu login ke member are Webhosting kamu, lalu masuk ke bagian DNS management.

Kelima, bila webhosting kamu menyediakan Tombol Setting Blogspot, maka kamu tinggal klik tombol tersebut dan tambahkan record baru dengan Add New Record dengan memilih type cname. TTL 14400, bagian Domain dan Hostname isikan dengan data yang ada di blogspot kamu. Contohnya seperti dibawah ini:

Bila webhosting kamu tidak menyediakan tombol Setting Blogspot, maka kamu perlu menambah settingan blogspot secara manual dengan cara mengikuti settingan dibawah ini:

Lalu, setelah itu baru membuat record cname baru dengan Domain dan Hostname diisi dengan data yang kamu dapatkan di blogspot kamu.

Keenam, kamu kembali ke Blogger.com dan tekan tombol Simpan. Bila gagal, artinya proses sinkronisasi/propagasi masih berlangsung, tunggu 2×24 jam. Setelah itu coba dicoba lagi menekan tombol Simpannya.

Ketujuh, bila sudah berhasil. Klik link edit disamping nama domain. Lalu centang Redirect dan  Simpan.

b. Postingan, Komentar, dan Berbagi

Dalam setelah ini, kamu dapat mengatur berapa jumlah postingan yang ditampilkan pada halaman utama. Selain itu, bisa juga setting blog hanya menampilkan postingan tertentu saja.

Di bagian komentar, kamu bisa mengatur lokasi komentar, siapa yang boleh berkomentar, sistem moderasi, verifikasi dan formulir dalam komentar.

Saya pikir ini cukup mudah dipahami.

c. Email

Di bagian ini, terdapat tiga fitur penting:

  1. Kamu dapat memposting artikel melalui email. Sejujurnya saya belum pernah mencoba fitur ini, barangkali kamu bisa mencobanya.
  2. Email notifikasi komentar untuk memberitahukan kamu mengenai komentar terbaru.
  3. Email postingan, jangan belum begitu paham fungsinya karena saya tidak pernah mencobanya.

d. Bahasa dan Pemformatan

Dibagian ini kamu dapat mengatur bahasa blog dan zona waktu.

e. Preferensi Penelusuran

Di bagian deskripsi, isi dengan paragraf yang dapat menggambarkan isi dari blog kamu. Untuk bagian lain harap dibiarkan apa adanya saja, tidak perlu di ubah-ubah.

f. Lainnya

Disini terdapat fitur Impor & backup dari semua isi blog (kecuali tema). Kamu juga menghapus blog kamu bila benar-benar kamu ingin menghapus blog kamu secara keseluruhan.

Jika kamu ingin menggunakan produk Google Analytics, kamu dapat menambahkan ID Properti Web Analytics di form yang telah disediakan.

g. Setelah Pengguna

Disini kamu dapat mengedit profil kamu. Klik Edit pada bagian Profil Pengguna, maka kamu akan dibawa ke halaman edit Profil.

Setelah itu jangan lupa tekan tombol Simpan Profil.

Penutup

Selamat, kamu telah menyelesaikan kursus singkat membuat blog dengan Blogger.com.

Sekarang apa lagi?

Kamu sudah memiliki sebuah blog, sekarang giliran kamu untuk memulai kreativitas agar blog ini berkembang sesuai dengan keinginan kamu.

Tujuan saya menulis serangkaian panduan membuat website dan blog agar mempermudah bagi kamu yang hendak terjun ke digital marketing. Sehingga blog atau website yang telah kamu buat, dapat menjadi senjata utama kamu untuk meraup uang melalui internet.

Seri belajar Panduan Membuat Website

Tahap 1: Belajar HTML

Tahap 2: Belajar CSS

Tahap 3: Belajar Tentang Domain

Tahap 4: Belajar Tentang Hosting

Tahap 5: Belajar WordPress

5 Replies to “Panduan Lengkap Membuat Blog dengan Platform Blogger.com”

  1. Artikelnya lengkap sekali jadi malu dengan artikel saya yang hanya berapa kata, hehe. Oh iya mas artikel tentang “mengembangkan blog di blogger” sama “menarik pengunjung blog bahasa indonesia dengan benar” soalnya dua hal ini yang aku rasa banyak binggung nya sebagai pemula. makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *