Tips Lulus Passing Grade SKD CPNS atau PPPK

Pada artikel sebelumnya saya sebenarnya sudah berbagi pengalaman bagaimana saya lulus CPNS 2018 dengan menerapkan strategi mumpuni, tapi dalan artikel tersebut rasanya saya cuma bahas kulitnya saja. Apalagi tes SKD, belum saya kupas lebih dalam. Nah, dalam kesempatan inilah saya mau bahas lebih dalam bagaimana cara menentukan strategi agar lulus Passing Grade SKD.


Seperti yang sudah diketahui, tes SKD merupakan tes gabungan yang didalamnya terdapat tiga jenis kelompok soal, yaitu TWK, TIU, dan TKP. Supaya lulus Passing Grade, ketiganya harus melewati nilai yang telah ditentukan. Untuk formasi umim, kamu wajib mendapatkan skor nilai TWK minimal 75, sedang TIU 80, dan TKP 143.
Berarti target yang harus kita kejar adalah batas Passing Grade yang telah ditentukan. Untuk mencapai Passing Grade, berarti kamu harus mempersiapkan diri dengan belajar.


Pertama-tama yang harus kamu lakukan sebelum belajar adalah mengumpulkan materi dan contoh soal TWK, TIU dan TKP, baik dari internet, sosmed, ataupun beli buku bank soal CPNS.

Setelah terkumpul baru jalankan strategi belajar SKD efektif dan efesien.

Strategi Belajar SKD

Belajar untuk CPNS harus sudah dimulai jauh-jauh hari, minimal 2 bulan sebelum ujian. Belajar harus konsisten tiap hari, kecuali hari minggu. Tiap harinya, luangkan waktu belajar 2 jam tiap hari, tidak boleh lebih ataupun kurang. Kenapa tidak boleh lebih? Karena kemampuan kita untuk memahami dengan baik hanya sampai 2 jam saja, selebih itu percuma kamu belajar tapi tidak dapat diserap dengan baik. Ini namanya konsep belajar efektif.

Dalam pembagian waktu 2 jam sehari, gunakan 1,5 jam waktu belajar kamu untuk bahas materi. Setengah jam terakhir, baru gunakan untuk bahas soal yang berhubungan dengan materi yang kamu pelajari. Atau bisa juga gunakan 5 hari untuk belajar materi dan 1 hari untuk bahas soal.

Buatkan kalender belajar. Misalnya minggu pertama belajar materi TWK, minggu kedua TIU, minggu ketiga TKP, minggu keempat TWK lagi, dan begitu seterusnya.
Tiap minggu harus belajar materi yang sama, tidak boleh dicampur. Gunanya supaya kamu bisa terfokus dan terarah dengan materinya.

Kesalahan kebanyakan peserta tes di metode belajar yang salah, misalnya mencampur aduk materi di minggu yang sama, tidak belajar materi dan hanya membahas soalnya saja.

Jadi jelas kan, kenapa banyak yang belajar pontang panting, tapi tetap tidak lulus CPNS, ya itu karena belajar yang tak terarah.

Nah, khusus hari minggu jangan belajar. Gunakan waktu sehari penuh itu untuk liburan, berwisata, atau sekedar berkumpul dengan keluarga.

Dukungan orang tua/suami/istri/pacar

Dukungan dari orang terdekat itu penting sekali. Misalnya kamu sudah memiliki istri/suami, bicarakan tentang kewajiban belajar kamu, mintalah pengertian dari pasangan kalau kamu butuh waktu 2 jam sehari untuk belajar.

Strategi Menjawab Soal SKD

Ingat, target utama kamu adalah lulus Passing Grade SKD. Bukan bersaing siapa tinggi-tinggian nilai. Jadi kamu harus pasang strategi yang bisa bikin kamu lulus Passing Grade.

Dalam ujian CPNS, waktu yang diberikan untuk menjawab 100 soal adalah 90 menit. Artinya 1 soal tidak sampai 1 menit.

Bagaimana caranya agar mampu menjawab semua soal dalam waktu 90 menit?

1. Cermat.

Kamu harus punya sifat cermat, artinya kerjakan dulu soal yang menurut kamu mudah. Tinggalkan soal yang menurut kamu susah.

Kamu juga tidak boleh ada rasa "penasaran" dengan satu soal, sehingga bikin kamu buang-buang waktu untuk satu soal itu. Ingat, waktu sangat berharga.

2. Efesien.

Kamu wajib kerjakan dulu semua soal TKP. Karena dimenit pertama saat ujian, pikiran kamu masih fresh, belum lelah atau stres. Menjawab soal TKP tidak boleh dalam keadaan tertekan, pikiran lelah, atau stres.

Setelah TKP, kembali ke soal TWK. Isilah 18 soal TWK yang kamu pastikan jawabannya benar. Supaya efesien waktu, cukup jawab 18 soal untuk mencapai batas Passing Gradenya saja dulu, nanti di menit akhir baru jawab sisanya.

Setelah menjawab 18 soal TWK, giliran kamu untuk menjawab 18 soal TIU. Pastikan 18 soal TIU yang kamu jawab itu benar, supaya kamu bisa memastikan diri kalau TIU lulus Passing Grade.

Selanjutnya, kembali ke TWK untuk menjawab sisa soal yang belum terjawab. Lalu kembali ke TIU, jawab sisa soal yang belum terjawab.

Setelah menjawab 100 soal, masih ada sisa waktu? Saya pikir ini mustahil, tapi andaipun ada, lebih baik abaikan saja, tidak perlu koreksi jawaban. Jawaban pertama biasanya itulah jawaban terbaik, apalagi TKP.

3. Fokus.

Jauhkan hal-hal yang mengganggu konsentrasi kamu. Bila suasana riuh, tutup lubang telinga kamu dengan jari telunjuk sambil fokus membaca soal di layar komputer.

Khusus soal TKP, jangan terlalu lama berpikir, karena pilihan jawaban pertama yang muncul dipikiran kamu, itulah jawaban yang terbaik.

Jawab soal TWK dan TIU, minimal 1 soal 50 detik. Bila dalam 50 detik tidak menemukan jawabannya, tinggalkan soal itu dan lanjut ke soal berikutnya.

Saya sudah membuktikan, dengan menerapkan strategi ini saya mendapatkan skor total 360 dan lulus Passing Grade. Kamu mungkin bisa lebih baik dari saya, bila kamu menerapkan strategi ini, yang penting komitmen dan konsisten.

Belajar dari pengalaman orang bisa membuat kamu sukses. Saya juga belajar dari keberhasilan dan kegagalan orang. Saya mencari jawaban "kenapa mereka berhasil?" Dan "kenapa mereka gagal?", hingga akhirnya saya menemukan "feel" untuk menyiapkan diri menghadapi tes CPNS.

Selamat belajar, tetap semangat, dan jangan pantang menyerah.

POSTINGAN TERKAIT

Komentar

  1. Terima kasih banyak. Semoga tahun ini saya bisa jadi CPNS. Aamiin...

    BalasHapus