Ternyata Ngeblog Tidak Selamanya Harus Ber-orientasi Uang

Beberapa tahun yang lalu, saat saya memutuskan untuk ikut kegiatan gathering blogger Aceh yang di selenggarakan oleh Dinas Budaya dan Parawisata provinsi Aceh, saya tidak pernah menyangkan kalau pandangan saya tentang blog berubah seketika kembali seperti 5 tahun lalu, dari blogger yang nyari duit menjadi blogger yang ingin kembali menulis untuk memenuhi keinginan untuk menulis.


Saat di acara gathering, Azirmaop pernah bilang kenapa beliau tetap memilih blogspot sebab kalau beliau sudah tidak ada lagi di bumi, masih ada tulisan beliau dalam sebuah blog yang mungkin menjadi barang bukti kalau beliau pernah hidup dibumi. Saya pun jadi tersadarkan bahwa ngeblog tidak selamanya bicara tentang duit.

Hal itu juga yang membuat saya memilih blogspot sebagai wadah menulis saya. Meski saya punya VPS yang tentunya cukup kalau mau saya installkan satu blog personal.

Semenjak hari itu, saya menarik ucapan saya terdahulu, dulu saya bilang “ngga ada gunanya menulis kalau itu tidak menghasilkan duit”. Saya mengaku salah, saya hanya berpikir tentang “how to get money” saja di internet, saya lupa kaedah seorang penulis, menulis dengan jiwa dan menumpahkan hasrat diri dalam bentuk tulisan.

Meski saya membayar orang untuk menulis di beberapa situs saya, kali ini saya mencoba untuk menjadi disiplin menulis untuk blog pribadi saya. Saya ingin menulis kembali, minimal seminggu sekali, ya anggap saja ini adalah obat penawar atau terapi agar saya terbiasa memegang komitmen.

Apalagi ini sudah memasuki tahun yang baru, harus ada resolusi dalam bentuk komitmen agar tetap menulis dan bermanfaat untuk banyak orang.

POSTINGAN TERKAIT

Posting Komentar