Revolusi Bookmark dari Masa ke Masa

Hampir semua pengguna internet rasanya pernah mencoba fitur bookmark, apalagi era sekarang ini bookmark sudah tersedia di berbagai Browser. Yup, fitur bookmark ini bisa digunakan hanya dengan menekan tombol CTRL+D, semudah itu. Tapi tahukah anda bagaimana revolusi bookmark dari masa ke masa? mari simak cerita dibawah ini.



Awal kemunculan bookmark

Bookmark pertama kali di implementasikan oleh Netscape dan IE. Saat itu layanan bookmark hanya sebatas menyimpan halaman web atau blog di browser untuk dibaca dilain waktu. Baru beberapa tahun kemudian seiring perkembangan fitur browser, bookmark juga mengalami perubahan ke arah yang lebih baik, berupa pengkategorian bookmark dan bookmark bar.

Bookmark direktori

Belum puas dengan fitur bookmark yang terdapat di browser, para pengembang teknologi terus mencari cara untuk menemukan fitur baru yang memudahkan para pengguna internet untuk menyimpan halaman web atau blog agar dapat dibaca dilain waktu. Sampai akhirnya Layanan seperti Delicious, Digg, dan Reddit lahir sebagai pilihan bagi pengguna yang ingin merasakan sesuatu yang berbeda dari layanan berbasis Bookmark.

Namun sayangnya layanan web berbasis bookmark ini ternyata tidak bertahan lama. Lihat saja ketiga sosial bookmark ini dulunya merupakan salah satu primadona oleh para peselancar internet, kini mulai ditinggal berlahan-lahan. Ketiga sosial bookmark ini tidak mampu mengikuti keinginan pengguna yang selalu menginginkan kemudahan dalam memakai fitur.

Dari keseluruhan sosial media Bookmark, yang bertahan hanya Reddit, itupun di Indonesia tidak bisa digunakan karena diblokir oleh pemerintah.

Bookmark app

Memudarnya masa kejayaan sosial bookmark bukan berarti fitur bookmark ini ditinggalkan, pengguna internet tetap membutuhkan bookmark sebagai bagian dari perkembangan teknologi. Begitupun para pengembang teknologi tidak habis akal untuk merevolusi kembali layanan berbasis bookmark, salah satunya yang sedang ngetren saat ini adalah bookmark app. Saya coba ambil contoh, ada satu app yang bernama Pocket. Pada dasarnya sistem kerja Pocket hampir sama dengan bookmark konvensional, ketika anda melihat sebuah artikel menarik, namun anda tidak ada waktu untuk membaca, maka pocket akan menyimpan alamat tadi  untuk diri anda sendiri.  Anda bisa membuka kembali alamat tadi  dari smartphone, tablet, PC atau gadget yang lain.

Selain Pocket, Ada juga App android bernama "Boxy". App Boxy adalah App Bookmark favorit saya karena kemudahannya.

Bookmark Sync

Bagi saya, inilah revolusi terbaik dari semua revolusi bookmark. Saya salah satu pengguna aktif bookmark sync di browser chrome, apakah di browser lain mendukung fitur bookmark sync saya tidak tahu. Sistem kerja bookmark sync ini dengan menyimpan bookmark ke server dan akan mensinkronkannya dengan browser yang sama di PC. Tidak hanya di PC, bahkan jika anda pengguna chrome, anda juga bisa membuka halaman yang anda bookmark di chrome smartphone.

Memang perkara bookmark adalah perkara biasa, tapi kalau seandainya fitur bookmark tidak pernah ditemukan, pasti anda bakalan kerepotan untuk menyimpan URL dari web keren yang ingin anda baca esok harinya. Betul tidak?

POSTINGAN TERKAIT

Posting Komentar