Pendakian Gunung Seulawah Agam

Suatu hal yang membanggakan saat kita mampu menggapai puncak gunung kebanggaan masyarakat Aceh. Gunung Seulawah sudah sangat dikenal oleh masyarakat Aceh sebagai ikon nya tanah indatu. Maka hal itu timbulah guyonan jangan ngaku-ngaku pendaki asal Aceh kalau belum mengggapai puncak Seulawah. Begitulah kira-kira kagumnya kami yang berdarah Aceh dengan Seulawah.



Gunung Seulawah terletak di Aceh Besar, kalau kamu berniat mendaki gunung ini, kamu bisa start dari daerah Sare. Nah sampai disana silahkan bertanya pada masyarakat setempat kemana arah pintu rimbanya. Tenang saja, masyarakat sangat bersahabat dengan pendaki.

Sebelum pendakian, kamu wajib melapor terlebih dahulu ke kepala desa. Karena mendaki seulawah harus mengantong izin dari pejabat desa. Jika regu pendaki ada yang cewek, bawalah surat izin dari instansi tertentu agar mempermudah saat kita melapor ke kepala desa setempat.

Pastikan cuaca bagus saat pendakian, karena gunung Seulawah merupakan hutan primer yang pohonnya sangat besar-besar dan sering tumbang tiba-tiba. Pastikan juga kamu menggunakan celana panjang, memakai kaus kaki panjang dan gaiter. Hutan seulawah sangat lembab, banyak sekali pacat yang siap memangsa kaki para pendaki, makanya gear harus lengkap.

Satu lagi pesan dari saya, jangan pernah mencemari sumber air atau aliran air yang ada di pintu rimba, karena air itu digunakan oleh warga untuk kebutuhan sehari-hari. Karena kita adalah tamu, maka bersikaplah seperti tamu yang baik, dengan tidak merusak kepunyaan masyarakat.



Mulailah pendakian dari jam 7 pagi (dari pintu rimba), maka paling cepat jam 3 siang kamu sudah sampai ke pilar puncak gunung seulawah. Ada beberapa selter yang bakal kamu lewati, pertama pintu angin, jarak pintu rimba ke pintu angin sekitar 3 jam pendakian. Kedua kamu akan melewati pintu beringin tujuh, jarak antara pintu angin ke beringin tujuh sekitar 3-4 jam. Lalu kamu menemui batu gajah (bentukan pohon dan struktur tanah yang mirip gajah), jarak dari beringin tujuh ke batu gajah sekitar 2-3 jam. Kalau sudah sampai di batu gajah, artinya kamu sudah dekat puncak, teruslah berjalan mengikuti jalur dan kurang lebih 1 jam dari batu gajah kamu sudah sampai di puncak.



Puncak seulawah tidak seperti puncak lainnya, meski sudah sampai ke atap tertinggi, tetap masih ada pohon-pohon besar yang menghalangi pandanganmu untuk melihat landscape pegunungan. Tapi tidak masalah, yang penting misi kamu menggapai puncak sudah terlaksana.



POSTINGAN TERKAIT

Posting Komentar