Bagi Kamu yang Kreatif dan Ber-Skill, Lupakan Google Adsense!

Setelah dulu sempat viral artikel Bongkar Rahasia: Cara Menghasilkan Uang dari Google Adsense dari Asampai Z, saya lihat banyak orang yang sepertinya mulai semangat dan gairan untuk memulai bermain dengan Adsense. Tapi dalam artikel tersebut saya malah lupa bilang kalau Google Adsense bukanlah opsi terbaik bagi sebagian besar orang. Kenapa begitu? mari kita kupas.

Sebelum masuk ke intinya, saya mau bilang kalau artikel yang sempat viral itu bikin banyak para master Adsense mengenang mengenang masa lalunya, ketika masih jatuh bangun dalam berjuang, ketika pahitnya memulai sebuah proses. Tapi, bagi Kamu baru akan memulai debut di kancah internet, saya pikir akan lebih baik untuk menjelaskan suatu hal yang mungkin bisa menjadi opsi terbaik bagaimana menghasilkan uang dari internet.

Kalau Kamu merasa Adsense adalah satu-satunya cara termudah, tanpa modal, dan dapat dilakukan oleh siapapun, Kamu salah. Seperti yang pernah saya jelaskan, seorang publisher adsense akan selalu dihadapi dengan betapa pusingnya mengurus banyak blog yang mungkin harus diberi makan setiap harinya. Selain itu, mereka juga perlu memberikan nutrisi SEO agar mampu bersaing dengan kompetitor yang biasanya sangat ketat. Belum lagi ancaman banned yang terus menghantui tiap detiknya. Namun ironisnya, tetap saja tumbuh bibit-bibit publisher baru tiap harinya, meski mereka tahu beban yang akan dihadapinya. Inilah jalan yang umumnya orang pilih, dan kebanyakan dari kita seperti ini, yang tergiur dengan cerita dan pendapatan para master adsense. Iya kan?

Di satu sisi, seorang publisher adsense yang bekerja mati-matian, menghabiskan waktu dan tenaga demi mampu bersaing dengan kompetitor yang bermain pada keyword yang sama. Di sisi lain, ada kelompok yang sama-sama menghasilkan uang dari internet, bekerja santai, tidak banyak menghabiskan waktu dan tenaga, namun memiliki pendapatan yang sama dengan publisher adsense. Loh kok bisa? Inilah yang namanya ide kreatif.

Oke, kembali ke topik utamanya. Jadi apa dong yang mudah dan bisa dilakukan agar mendapatkan penghasilan dari internet? Jawabannya adalah skill Kamu sendiri. Tidak salah kalau Kamu mau ikut jalan orang yang sudah sukses di Adsense, mungkin jalan itu Kamu dapat belajar banyak hal. Namun akan lebih baik kalau Kamu bisa membangun bisnis dengan skill Kamu sendiri. Karena skill, Kamu bisa menemukan suatu kreasi bisnis atau ide bisnis yang baru, yang bisa Kamu gunakan sebagai modal kuat untuk berpenghasilan dengan menggunakan kekuatan internet.

Saya ambil contoh, teman-teman sekalian pernah menggunakan layanan homestaydijogja.net? atau pernah hanya sekedar mendengar?. Situs ini dikelola oleh dua orang mahasiswa. Hebatnya, kedua mahasiswa ini memegang tanggung jawab yang berbeda. Satu orang mengelola manajemen, baik terima order hingga persoalan homestay. Sedangkan yang satu lagi fokus ke bidang web dan SEO. Jika seKamuinya mereka tidak paham SEO, mereka masih bisa mencari jasa SEO untuk situs mereka. Karena sebenarnya mereka sudah punya modal penting, yaitu “ide kreatif”.

Apakah Kamu tahu berapa penghasilan mereka? Ya, dari situs itu mereka berhasil mendapatkan 30 juta tiap bulannya. Untuk setingkat mahasiswa itu sudah sangat lumayan kan?

Dari sini kita bisa lihat kalau mereka begitu kreatif, masuk ke keyword yang tidak begitu kompetitif. Mereka tidak dipusingkan harus punya ribuan visitor, cukup ratusan visitor tertarget saja cukup. Mereka cukup punya satu blog, tidak perlu update blog tiap hari, tidak takut dibanned google, dan lebih penting bisnis mereka itu jelas. Mereka adalah bos sebenarnya, tidak pernah menunggu gajian tiap tanggal 23. Mereka hanya berpikir untuk memberi sedikit nutrisi SEO saja secara rutin. Selebihnya mereka cuma mengurus orderan yang masuk tiap harinya, bahkan kalau mereka mau mereka bisa mencari karyawan untuk mengurus orderan. Sehingga mereka benar-benar bisa menjadi bos.

Bandingkan dengan publisher, apakah publisher adsense adalah bos? Bagi saya tidak, mungkin pendapat saya dan Kamu berbeda. Disini saya melihat Google-lah yang paling banyak memegang kendali. Pertama-tama, Kamu harus bersaing untuk mendapatkan visitor dari google, kedua, Google yang membayar Kamu, ketiga, hanya Google berhak untuk membanned Kamu. Kebayang tidak bagaimana seKamuinya salah satu dari tiga jalur itu terputus? bisa berabe kan.

Saya bukannya tidak menyukai Adsense, sampai sekarang saya masih menjadi publisher adsense, meski pendapatan saya hanya beberapa ratus dolar saja tiap bulannya, ya sesekali pernah lah mencapai ribuan dolar. Saya hanya tidak menjadikan adsense sebagai sumber pendapatan utama saya. Kalau boleh saya katakan, saya hanya menerima 25% pendapatan adsense untuk jajan saya, 75% selebihnya dipakai untuk membayar VPS, membeli beberapa artikel berkualitas, dan kebutuhan web lainnya. Bisa dikatakan adsense cuma untuk mendukung bisnis saya yang lain.

Saran saya, cobalah berpikir secara kreatif apa yang bisa Kamu lakukan dengan internet ini. Jika Kamu menyukai traveling, kenapa tidak Kamu membuka jasa guide wisata ditempat Kamu? Jika Kamu tukang listrik, kenapa Kamu tidak memperkenalkan diri Kamu melalui internet? Jika Kamu teknisi elektronik panggilan, kenapa tidak Kamu promosikan via internet?. Bangunlah bisnis dari kemampuan diri sendiri dan manfaatkan internet untuk ber-ekspansi. Saya pikir inilah cara terbaik untuk Kamu sukses melalui internet.

Percaya sama saya, orang seperti Kamu bisa lebih hebat dengan ide kreatif dan skill, tanpa harus Google Adsense.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *