Revolusi Perkembangan Web dari Masa ke Masa

Di dunia web, ada istilah versi yang digunakan untuk mewakili generasi web. Untuk generasi web pertama adalah web 1.0. Generasi web 1.0 ini muncul era tahun 90an. Di masa itu, web bersifat statis, teknologi yang digunakan pun cukup sederhana, yakni berkas html, css, dan javascript. Di era web 1.0, web hanya dibikin sebagai laman informasi yang tersusun dari teks dan gambar. Desainnya pun begitu kaku dan terasa norak (tapi cukup keren kala itu).

ebay

Jaman sudah berubah, web 1.0 pun sudah sangat sulit untuk ditemui. Tapi web-web pemerintahan kita masih menggunakan gaya desain web 1.0, yakni dengan gaya header plus layout 3 kolom, mungkin itu satu-satu contoh yang bisa anda lihat sebagai web 1.0. Di era web 1.0, para webmaster masih mengandalkan metode table untuk membentuk layout. Untuk desain animasi menggunakan flash atau gif.

Setelah generasi web 1.0, dunia persilatan web lalu diperkenalkan dengan era web 2.0 yang kita kenal saat ini. Ciri khas dari web 2.0 adalah user generated content, yaitu sebuah web yang dinamis dimana ada berinteraksi di dalamnya. Era web 2.0 merupakan era dimana teknologi web begitu pesat perkembangnya. Sebut saja jejaring sosial, platform blog, dan beberapa portal berita yang begitu antusias meramaikan dunia persilatan web 2.0.

Teknologi era web 2.0 pun sangat dinamis. Di era ini kita sudah mengenal open source yang diantaranya framework php dan framework css. Saat ini webmaster sudah meninggalkan desain layout menggunakan table, tapi sekarang eranya dimana semuanya serba css, apalagi saat ini kita sudah mengenal bootstrap (framework css) sebagai stardart terbaik web responsif (web yang tampilan menyesuaikan layar perangkat). Semenjak hadirnya HTML5, web 2.0 sudah sedikit sekali penggunaan flash. Dan selain itu, banyak sekali perkembangan di era web 2.0, misalnya kita sekarang mengenal penggunaan AJAX & JQuery, API, XML dan lainnya.

Menuju era web 3.0. Saat ini kita hampir memasuki era web 3.0, yakni era dimana teknologi web akan tersinkronisasi dengan beberapa perangkat fisik. Misalnya melalui web, kita bisa mengontrol kondisi rumah via web saat kita sedang keluar kota. Tentu hal ini bisa dilakukan kalau rumah dipasang perangkat pendukung.

Beberapa web penyedia VPS, sudah menggunakan teknologi yang mungkin menjadi cikal bakal lahirnya era web 3.0, contohnya fitur shutdown server.

Nah, saya ingin bertanya, di era mana anda sudah mengenal internet?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *