Memilih Tema dalam Membuat Blog

Bikin blog itu gampang, 5 menit saja kamu bisa bikin sebuah blog. Yang penting kamu punya email lalu bikin blog di platform gratisan seperti blogger.com atau wordpress.com, maka dalam sekejab jadilah sebuah blog.



Tapi apakah dengan bikin blog tanpa isinya sudah cukup? tentu tidak, kalau punya blog tapi isinya kosong ya buat apa punya blog. Maka disitulah baru muncul pertanyaan "saya harus menulis apa?" dan "apa tema blog saya?".

Ngomong-ngomong, istilah tema dalam tulisan ini bukanlah sebuah template (istilah tema wordpress), melainkan sebuah topik ngeblog. Jadi jangan salah pengertian.

Sebenarnya mencari ide tema untuk blog itu gampang-gampang susah, apalagi jaga internet sudah ada jutaan website dan blog yang sudah beragam topik/tema nya, rasanya sudah tidak ada lagi tema yang unik yang bisa kita jadikan tema untuk blog kita.

Disini saya akan kupas tuntas beragam ide blog yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasinya mencari tema blog dan menulis. Tapi, sebelum mengarah kesana, saya ingin bahas dulu sedikit mengenai langkah-langkah memilih sebuah tema blog agar kamu tidak salah ketika menentukan temanya.

Jadi, ketika kamu berniat membuat sebuah blog berkualitas, pastinya kamu perlu tentukan terlebih dahulu apa tema blognya, sehingga kamu tahu apa yang kamu tulis disana, dan apa goal/tujuan yang ingin kamu capai. Saat semua sudah berpadu, maka akan sangat mudah bagimu mengelola blog agar terorganisir dengan baik.

Secara pribadi saya membagi 2 tipe blog berdasarkan tema, apa saja itu?

  1. Blog dengan satu tema, yakni blog yang hanya membahas satu tema tertentu saja. Misalnya blog smartphone, blog tentang burung, blog fashion, dan lainnya.

  2. Blog multi-tema. Ini blog yang dalam satu wadah biasanya membahas beragam topik, contohnya blog saya ini.
Nah, pastikan dulu kamu ingin bikin blog yang tergolong dalam tipe mana, apakah satu tema atau multi tema? Menentukan tipe blog sebenarnya tergantung kamu mau tulis apa di blognya dan goal apa yang ingin dicapai.

Kalau kamu ingin menulis berbagai macam topik, artinya kamu membuat blog multi-tema. Namun kalau hanya fokus pada topik tertentu saja, artinya kamu lebih memilih tipe blog dengan satu tema. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya.

Nah, anggap sekarang kamu sudah tahu tipe blognya dan kamu sudah tahu ingin menulis apa didalamnya. Pertanyaan selanjutnya, apa goal yang ingin kamu capai? apakah ingin mengejar pundi rupiah atau hanya untuk sekedar berbagi?

Kalau tujuannya mengejar pundi rupiah, maka saya sangat sarankan membuat blog dengan satu tema. Blog jenis ini selain nikmat diikuti, biasanya blog ini memiliki pembaca setia dan mempengaruhi popularitas blognya. Keuntungan lainnya, dengan menulis satu tema, kamu makin dikenal orang dan kamu akan diangap ahli di tema yang kamu angkat secara konsisten di blog.

Kalau tujuannya hanya sekedar berbagi, pilihan terbaik adalah blog dengan multi-tema. Saya jamin dengan jenis blog ini, kamu tidak akan kekurangan ide menulis, karena banyak topik yang bisa kamu bahas.

Setelah tahu tipe blognya, tahu ingin menulis apa, dan tahu goal yang ingin dicapai, barulah kita mencari apa kira-kira tema yang cocok untuk blog kamu.

Kamu bisa gunakan beberapa platform atau media sosial untuk mencari inspirasi ide blog, salah satunya pinterest. Disana banyak hal yang bisa kamu eksplorasi, semakin dalam kamu mencari, maka semakin besar kemungkinan kamu bisa mendapatkan ide tema untuk blog kamu.

Selain pinterest, kamu juga bisa memanfaatkan kaskus. Saya salah satu orang yang paling sering mendapatkan mendapatkan ide blog dari kaskus. Saya pikir kaskus adalah sumber ide terbesar, disana pembahasannya sangat luas dan banyak, sehingga cocok digunakan sebagai tempat mencari ide.

Masih belum ketemu juga? tenang, di artikel selanjutnya saya akan mengupas bagaimana cara mencari ide blog yang cocok untuk blog anda. Ditunggu.

POSTINGAN TERKAIT

Posting Komentar