Ide Menulis Blog dengan Melihat Blog Pesaing di Niche yang Sama

Hal terpenting dalam dunia kepenulisan blog adalah menulis sesuatu yang baru yang mungkin belum pernah dibahas oleh blog manapun. Namun kadang-kala, menulis yang seperti itu bukanlah perkara mudah.



Seperti yang sudah pernah saya singgung di artikel sebelumnya, ide kamu mungkin saja sudah terpikirkan dan diaplikasikan oleh orang lain. Tapi ada satu cara agar ide menulis kamu tetap unik dan fresh meski telah diaplikasikan oleh orang lain, yaitu dengan melihat kekurangan blog pesaing di niche yang sama.

Caranya bagaimana? Begini, kamu perlu tentukan dulu niche yang kamu gunakan untuk menulis. Sebagai contoh, blog kamu membahas tentang resep masakan. Disadari atau tidak, ternyata blog yang menulis tentang resep masakan sangat banyak di internet, bahkan ada pemain besar yang barangkali sulit untuk disaingi. Nah, disini tugas kamu untuk melihat kekurangan dari blog mereka yang barangkali bisa menjadi senjata yang baik untuk menggaet visitor dari pasar niche “resep masakan”.

Setelah itu, buka Google dan searching keyword “resep masakan”. Disana kamu akan melihat 10 besar blog yang berniche resep masakan. Nah, mulailah buka satu persatu blog tersebut untuk mempelajari kekurangan dari tiap blognya.

Kamu harus sangat jeli dalam mempelajari kekurangan dari blog pesaing kamu. Saya beri contoh, bila pesaing kamu hanya menampilkan informasi berupa teori, maka kamu harus menampilkan hal lain yang sekiranya dibutuhkan oleh pengunjungmu. Misalnya kamu membuat resep masakan dengan cara praktek langsung melalui video, menambah informasi tentang takaran bumbu, atau sesekali bikin kuis bagi pengunjung setiamu. Dengan begitu, kamu justru berpeluang menggaet lebih banyak pengunjung dibandingkan blog pesaing kamu.

Tetap semangat menulis, jangan takut bersaing meskipun lawanmu lebih besar.

POSTINGAN TERKAIT

Posting Komentar