9 Sumber Inspiratif dalam Mencari Ide Blog

Banyak blogger yang kesulitan menulis akibat buntu ide, alhasil blog terbengkalai tanpa adanya tulisan-tulisan terbaru. Padahal, ide itu tidak serta merta datang tiba-tiba tanpa kita berusaha mencarinya. Kan lucu, kita cuma menulis artikel blog kalau sewaktu ada idenya saja. Kalau ide tidak ada berarti menulis ikutan libur.


Nah, untuk mengatasi kebuntuan ide, saya akan mengupas bagaimana caranya kita mencari inspirasi dari berbagai sumber agar mendapat ide dalam menulis artikel yang bisa diposting ke dalam blog kamu.

Dari sekian banyak sumber dalam mencari ide blog, ada 9 sumber yang menurut saya patut untuk diketahui oleh para blogger agar tidak kehabisan ide dalam menulis artikel. Apa itu? Mari kita bahas satu persatu.

1. Website Penyedia Artikel Gratis

Di Google Kamu bisa mencari sendiri website-website penyedia artikel gratis baik yang berbahasa Inggris maupun yang berbahasa Indonesia. Secara umum website penyedia artikel gratisan menawarkan beragam kategori artikel yang bisa Kamu pilih sesuai dengan tema blog Kamu.

Dengan begitu, Kamu bisa mencari inspirasi dari artikel yang ada untuk dijadikan bahan konten artikel blog Kamu. Tapi Kamu tidak boleh serta merta copy-paste begitu saja, harus didaur ulang dulu supaya konten tersebut tampak original. Gunakan gaya bahasa Kamu sendiri ketika ingin mendaur ulang konten.

2. Mencari di Daftar Buku Terlaris Amazon.com

Carilah daftar buku terlaris di amazon.com yang sesuai dengan tema blog Kamu. Biasanya setiap buku dilengkapi review atau synopsis isi buku, sehingga Kamu bisa menggunakannya sebagai bahan referensi yang bisa menunjang penulisan artikel Kamu. Ini salah satu metode yang dulu sering saya praktekkan.

3. Memanfaatkan layanan TED.com

Saya bisa maklumi kalau Kamu masih terasa asing dengan yang namanya TED.com, karena memang di Indonesia TED.com tidak begitu terkenal. Tepi meski begitu, TED.com begitu popular dikalangan penulis dan pencari ide kreatif, karena memang diciptakan sebagai wadah untuk menampung ide dari berbagai sumber yang dikemas dalam bentuk video.

Kamu tidak khawatir kekurangan ide, karena semua ada di TED.com. Tugas Kamu hanya mencari video yang sesuai dengan tema blog Kamu, dan Kamu tinggal mengemas isi video tersebut dalam bentuk tulisan yang menarik, berbahasa Indonesia, dan sesuai dengan gaya bahasamu sendiri.

4. Mencari Ide di Website Penyedia Kata Bijak

Untuk mendapatkan kata-kata bijak yang dapat menginspirasi. Kamu bisa mengunjungi website yang menyediakan atau menampilkan kumpulan kata-kata bijak di internet. Banyak kata-kata bijak yang bisa menginspirasi Kamu dalam berbagai kategori, mulai dari ekonomi, kehidupan sosial, leadership, keluarga, kesuksesan, dan lain sebagainya.

Dengan mengunjungi website penyedia kata-kata bijak, Kamu bisa memperoleh banyak inspirasi. Dari inspirasi yang diperoleh tersebut, Kamu bisa mengaplikasikannya dalam bentuk artikel menarik yang layak di posting kedalam blog Kamu.

5. Mencari Ide Menulis Melalui Trending Topics Twitter

Berkenaan dengan upaya mencari inspirasi, Kamu bisa memanfaatkan trending topics pada media social Twitter. Trending topics biasanya mengangkat berita atau peristiwa yang sedang hangat dibicarakan dan menyita banyak perhatian publik.

Dari trending topics tersebut, Kamu bisa menciptakan artikel baru yang bersifat opini untuk diposting ke dalam halaman blog, namun tetap dengan sumber yang relevan dan dapat dipertanggung-jawabkan. Hal ini dimaksudkan agar artikel tersebut tidak hanya sekadar opini yang diangkat dari isu atau berita yang tidak jelas sumbernya.

Ketika Kamu sudah menemukan atau memperoleh inspirasi dengan melihat trending topics di Twitter, Kamu bisa melanjutkan dengan mencari berbagai sumber referensi untuk mendukung artikel yang akan Kamu buat. Ini adalah teknik mencari inspirasi tulisan yang paling saya sukai.

6. Berburu ide di HowStuffWorks.com

Website ini tak hanya bisa dijadikan sebagai referensi dalam menulis. tetapi juga sebagai tempat untuk menemukan ide-ide baru sebagai pengisi blog. Di website ini Kamu bisa mengamati bagaimana sebuah tema diurai ke dalam beberapa topik. Masing-masing topik pun sangat kaya dengan informasi. Informasi dalam website ini ditampilkan baik dalam bentuk kumpulan tips, artikel panduan penggunaan, maupun video.

Meskipun website ini merupakan sebuah website yang menggunakan bahasa Inggris dan menampilkan kebudayaan serta kehidupan barat, namun Kamu bisa mengadopsinya dan memilih informasi yang sesuai untuk masyarakat Indonesia.

7. Wikipedia sebagai sumber Inspirasi

Di saat kehabisan ide untuk mengisi artikel di blog, membaca Wikipedia merupakan salah satu pilihan yang tepat. Wikipedia dalam versi bahasa Indonesia dapat Kamu akses melalui website id.wikipedia.org. Selain menyajikan berbagai informasi dalam berbagai bidang, Wikipedia juga memuat beberapa artikel hangat yang sedang dibicarakan masyarakat.

Kamu bisa mencari dan menjelajahi artikel yang menarik untuk dibaca kemudian ditulis ulang dengan gaya bahasamu sendiri. Ingat, artikel tersebut tidak boleh di-copy paste mentah-mentah, harus didaur ulang terlebih dahulu.

8. Melihat Video Howcast.com

Salah satu web yang bisa Kamu kunjungi adalah howcast.com. Website ini merupakan salah satu website penyedia video yang dapat Kamu akses secara gratis. Video di dalam website ini pada umumnya bertema “How to” yang
menunjukkan bagaimana cara menyelesaikan suatu masalah tertentu.

Dari kumpulan video yang tersedia, bisa Kamu angkat menjadi konten blog Kamu dalam bahasa Indonesia. Tentu Kamu harus sesuaikan terlebih dahulu dengan tema blog Kamu.

9. Membaca Berita Teknologi di Mashable.com

Sebagai contoh, Kamu ingin membaca berita seputar teknologi tentang software, maka pilihlah kategori Software. Sesudah itu tentukan berita yang ingin Kamu baca. Dengan membaca berita yang ada di dalam website ini, Kamu bisa menemukan berbagai infomasi menarik tentang teknologi yang kemudian dapat Kamu bagikan di dalam blog Kamu.

Selain mashable.com, website serupa yakni techcrunch.com, lifehacker.com dan gigaom.com

POSTINGAN TERKAIT

Posting Komentar