Kapan Waktu yang Tepat Share Postingan Blog Terbaru ke Sosmed?


@MonzaAulia (09 April 2018) - Sekarang ini promosi melalui media sosial sekelas facebook, twitter, dan google plus tidak boleh lagi dipandang sebelah mata. Sudah banyak orang membuktikan kalau media sosial sangat mampu mendatangkan trafik yang tinggi ke blog, apalagi kalau postingannya jadi viral. Jadi, untuk promosi blog tidak melulu hanya mengandal SEO saja, pikirkan juga bagaimana media sosial yang anda gunakan bisa efektif untuk dijadikan sumber trafik.

Adapun faktor yang mampu membawa banyak visitor ke blog diantaranya:

  1. Jumlah teman atau follower. Bila anda memiliki banyak teman atau follower di media sosial, tentu itu sangat menguntungkan anda, karena tentu saja jumlah calon yang akan nge-klik tautan akan lebih banyak.
  2. Teman atau follower berdasarkan ceruk. Jika kelompok teman atau follower anda rata-rata praktisi kesehatan, maka tentu tautan info kesehatan akan memiliki tingkat klik yang lebih tinggi ketimbang topik lainnya. Atau misalnya teman atau follower anda kebanyakan internet marketer, maka tingkat klik pada tautan tentang tips dan trik internet marketing akan lebih tinggi ketimbang tautan info kesehatan.
  3. Jadwal share. Nah, selain memiliki banyak teman/follower dan teman sesuai ceruk, postingan yang akan di share ke media sosial juga harus diperhitungkan jadwalnya, jangan asal sembarangan share saja. Tentukan waktu yang tepat untuk ngeshare artikel supaya hasil yang diperoleh dari media sosial lebih optimal. Topik inilah yang akan kita bahas.

Jadwal share ini hanya cocok untuk blog dengan target pasar Indonesia, bukan untuk blog dengan target pasar global. Jadi bagi blog dengan target pasar global, kemungkinan jadwal share ini tidak mempengaruhi jumlah visitor.

Dalam topik ini saya kelompokkan menjadi 4. Berikut penjelasannya:

Sangat direkomendasikan. Jika Anda telah membuat satu postingan, kapanpun anda buat, tahan untuk tidak langsung dishare, tunggu waktu yang tepat untuk ngeshare artikel. Waktu terbaik share artikel adalah pukul 11.00 s/d 17.00, anda wajib share artikel di pukul ini. Alasannya? Karena pukul inilah lonjakan pengunjung media sosial regional Indonesia sedang tinggi-tingginya.

Boleh. Kalau memang tidak sempat ngeshare di jam wajib, anda boleh ngeshare di rentang jam antara pukul 17.00 s/d 22.00. Sekitaran ini adalah jam nya orang nyantai atau jam nya orang-orang disibukkan dengan pekerjaan rumah.

Tidak direkomendasikan. Setelah melewati jam 22.00, tahan sampai besok, jangan ngeshare artikel di jam 22.00 s/d 05.00, karena artikel yang anda share kecil sekali kemungkinan dibaca orang, bisa jadi sia-sia. Jam segini kebanyakan orang sudah pada tidur. Jadi tolong sabar sebentar hingga masuk ke jam yang direkomendasikan untuk share artikel.

Kurang direkomendasikan. Golongan ini yaitu antara jam 05.00 s/d 11.00. Kalau yakin anda tidak sempat untuk ngeshare di jam yang direkomendasikan, bolehlah kalau anda terpaksa ngeshare di jam ini, meski tidak efektif paling ngga anda sudah melewati fase jam 22.00 s/d 05.00 untuk ngeshare artikel.

Nah, mulai sekarang biasakan untuk membaca momentum kapan trafik media sosial sedang banyak dikunjungi orang, karena saat itulah kesempatan anda melempar jaring. Jangan saat orang lagi tidur malam, anda malah ngeshare artikel, jadi siapa yang baca?

Artikel ini bermanfaat? Share ke Jejaring Sosial Anda.

Artikel lain:

0 Response to "Kapan Waktu yang Tepat Share Postingan Blog Terbaru ke Sosmed?"

Post a Comment