Punya Produk Pakaian Muslim? Cobalah Masuk ke Pasar Nasional

Indonesia dikenal sebagai salah satu pasar pakaian Muslim terbesar di dunia, Namun sayangnya, kondisi ini kurang begitu dimanfaatkan oleh produsen pakaian Muslim. Biasanya alasan klasik dari mereka hanya seputar modal saja. Padahal andai saja mereka lebih kreatif, mereka bisa memanfaatkan sumber daya yang ada untuk memulai ekspansi.

Tahukah kamu, triliunan rupiah telah berputar di ranah ecommerce Indonesia (perdagangan online). Banyak pedagang yang telah sukses hanya dengan memanfaatkan jutaan penggunaan internet potensial yang bisa menjadi calon pembeli. Masihkah kamu tetap berdiam diri dan tetap menjadi pedagang konvesional?

Jika kamu produsen pakaian Muslim dan sering berpromosi di Facebook, IG, atau Path, saya angkat jempol untuk langkah awal kamu. Tapi mungkin kamu perlu mencoba berpromosi lebih jauh lagi sehingga produk kamu bisa bermain di pasar nasional.

Hari ini, saya ingin mengajak kamu bagaimana caranya agar produk kamu bisa masuk ke pasar nasional.

  1. Bekerja sama dengan situs-situs retail terkenal di Indonesia. Ini yang wajib kamu lakukan, cari tahu dan hubungi mereka tentang bagaimana caranya supaya mereka dapat menjual produk kamu di situsnya. Biasanya dibagian bawah ada menu kerja samanya. Contoh situs yang bisa kamu coba adalah muslimmarket.com, hijabenka.com, zalora.co.id, hijup.com dan lain-lain.

  2. Membangun situs sendiri. Jika kamu ingin bermain di pasar nasional, kamu wajib memiliki toko online sendiri. Jangan khawatir tentang keterbatasan kamu mengenai ilmu pemprograman, kamu bisa minta bantuan web developer untuk membangun toko online untuk kamu. Jasa web developer bisa kamu cari di Google atau di situs freelance seperti freelancer.co.id, sribulancer.com, gobann.com, dan lainnya.

  3. Gunakan Google Adword supaya kamu bisa menjaring calon pembeli yang datang dari situs pencarian Google. Untuk menggunakan Google Adword, kamu bisa membeli vouchernya di agen-agen yang bekerja sama dengan Google, seperti Bukalapak.com

  4. Manfaatkan lapak online gratis. Untuk menunjang promosi, kamu boleh memanfaatkan lapak online gratis, misalnya kaskus.co.id, bukalapak.com, tokopedia.com, dan olx.co.id. Disana gunakan layanan premium, supaya jualanmu bisa berada di urutan yang bagus dalam pencarian.

  5. Gunakan Facebook ads untuk mempromosi jualan-mu, untuk Facebook ads kamu bisa belajar dari youtube. Disana cukup banyak yang ngeshare teknik-teknik Facebook ads.

  6. Yang terakhir, lanjutkan promosimu via Facebook, IG, Path, dan jejaring sosial lainnya.


Nah, begitulah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti jika kamu ingin mencoba peruntungan di pasar online nasional. Jika kamu ingin berbincang-bincang atau berdiskusi tentang, silahkan gunakan kolom komentar.

POSTINGAN TERKAIT

Posting Komentar