Portal Berita Bukanlah Bisnis Menjanjikan, Jadi Berhentilah Bermimpi


Sekarang ini banyak sekali anak muda bermimpi ingin mendirikan startup, berlomba-lomba dalam dunia teknologi untuk menciptakan sebuah perusahaan. Tapi mereka lupa bahwa mendirikan startup tidak cukup dengan mimpi saja, banyak hal yang perlu kamu miliki, termasuk modal, strategi dan rencana jangka panjang. Tapi lebih dari itu, hal yang terpenting kamu harus punya inovasi, kreativitas, dan ide unik.

Jika berbicara tentang technopreneur, maka kita bicara tentang aset digital. Sebuah ladang yang harusnya memberikan income lebih besar ketimbang pengeluaran. Bila ada aset digital yang kebalikannya, maka bagi pengusaha IT itu bukanlah bisnis yang bagus. Apa contohnya? ya salah satunya portal/situs berita online.

Sekarang ini, sudah sangat menjamur orang-orang mendirikan situs berita, di Aceh saja ada puluhan situs berita lokal. Tapi kebanyakan dari mereka sudah gulung tikar, tinggal beberapa yang masih hidup, tapi tetap saja tidak menonjol. Kebanyakan dari mereka bermimpi ingin menjadi seperti detik.com. Ingat, tidak ada startup follower yang sukses menyeimbangi startup trendsetter, apalagi sampai melangkahi.

Oke, kita ambil contoh. Barangkali kamu pernah mendengar situs atj*hp*st.com. Situs Atj*hp*st.com bisa dikatakan sebagai situs berita lokal Aceh yang paling populer dimasanya, bahkan statistik Alexa saja menunjukkan angka yang sangat bagus, yakni sekitaran 500 se Indonesia. Tapi apa yang terjadi dengan Atj*hp*st.com? Mereka harus gulung tikar. Jelas dari sisi bisnis ini jenis usaha yang kurang begitu menguntungkan.

Apa yang mereka harapkan? periklanan? secara logika, berapa sih banyak orang Aceh yang mau beriklan di Atj*hp*st. Dari segi iklan mereka saja sudah kalah. Karena Atj*hp*st adalah situs berita lokal, jelas mereka mengejar pasar online region Aceh. Dan pertanyaan, berapa persen pelaku industri atau pedagang Aceh yang memanfaatkan internet sebagai rumah promosinya? Pertanyaan seperti ini kamu bisa menjawabnya sendiri, ditambah lagi kondisi perekonomian Aceh tidak begitu berkembang seperti provinsi lainnya.

Meskipun Atj*hp*st menggunakan Google Adsense untuk menambah pendapatan, tetap menurut saya itu tidaklah cukup. Google Adsense ini membayar pemilik situs berdasarkan jumlah klik dan impresi yang diterima, harga klik tergantung regional, nah regional Indonesia termasuk yang terendah harga klinya. Kita estimasikan, perkiraan saya visitor ke Atj*hp*st saat aktif bisa berkisar 5000-10.000 visitor per hari, jika dihitung jumlah adsense yang didapat bisa sekitar $30-$50$ per hari. Artinya perbulan estimasi rupiah yang mereka dapat berkisar Rp10 juta - Rp18 juta (ini perkiraan saya saja).

Apakah dengan pendapatan segitu cukup? tidaklah cukup, Anggaran perusahaan untuk gaji karyawan, administrasi, server yang makin hari makin membengkak, dan lainnya tidaklah cukup dengan uang segitu.

Maka bukanlah hal mengejutkan bagi saya saat official Atj*hp*st menyatakan pamit untuk selama-lamanya. Seharusnya kita bisa belajar dari pengalaman mereka, karena saya percaya pengalaman jelas guru terbaik.

Membangun usaha dalam ranah teknologi tidaklah cukup hanya bermodalkan mimpi, semangat, dan uang. Tapi bidang ini sangat membutuhkan inovasi, kreativitas, dan ide unik. Jika kamu tidak memiliki hal ini, maka kuburlah dalam-dalam mimpi kamu, karena kamu hanya membuang-buang waktu dan tenaga.

Namun kalau kamu tidak setuju dengan pendapat saya untuk mengubur mimpi dalam-dalam bagi yang tidak punya inovasi, kreativitas dan ide unik, kamu berhak mengeksekusi mimpi kamu dan kita lihat bagaimana hasilnya. Saya tidak sedang menulis artikel yang dapat meruntuhkan semangat mereka yang ingin mendirikan startup berita online, tapi saya hanya ingin berbagi pengetahuan sebelum mereka terjun, supaya mereka dapat mempertimbangkan keputusan mereka.

Tapi, bila kamu membangun sebuah situs berita bukan untuk uang, namun untuk sebuah komitmen, maka hitung-hitungan diatas tentu tidaklah berlaku. Karena dibalik pengeluaran yang besar dan income yang kecil, ada dedikasi besar bagi mereka yang tergabung didalamnya.

Artikel ini bermanfaat? Share ke Jejaring Sosial Anda.

Artikel lain:

0 Response to "Portal Berita Bukanlah Bisnis Menjanjikan, Jadi Berhentilah Bermimpi"

Post a Comment