Rekomendasi WebHosting Lokal dan Luar Negeri Terbaik

Sama seperti domain, memilih hosting tidaklah boleh sembarangan. Memang kehilangan hosting tidak sebahaya kehilangan domain, tapi tetap saja fatal jika hosting yang kita sewa ternyata abal-abal.

Efeknya dimana? Tentu efek yang paling mempengaruhi adalah lambatnya akses pengunjung ke web kita, yang akhirnya pengunjung bakalan tutup web kita dan beralih ke web lain, apalagi web kompetitor yang sudah jadi musuh bebuyutan. Jangan sampai seperti itu.
Bahagia sekali malam ini saya bisa menulis full 3 jam, itu karena saya sedang jaga klinik sambil menulis artikel ini.
-Monza Aulia-

Saya akan memaparkan sedikit apa yang terjadi seandainya kita menggunakan hosting abal-abal:

Yang pertama, web kita bakal sering down, sehingga google sulit melacak tiap url yang ada dalam web kita, akhirnya rangking web pun menurun.

Kedua, web yang sering down membuat web tersebut lambat diakses, ujung-ujungnya pengunjung jadi malas menunggu kapan loading web kita berakhir. Kebanyakan dari mereka jika dalam waktu 3 menit web tidak bisa terbuka, maka mereka akan menutup tab web kita dan beralih ke web lainnya.

Ketiga, web rentan disusupi oleh malware. Ujung-ujungnya juga bikin lambat web kita dan yang paling parah malware menginfeksi sebagian besar file-file web.

Keempat, karena membeli hosting abal-abal tentu pengelolanya abal-abal. Kalau begitu jadinya, tiap ada kendala dengan hosting, kita jadi sulit menghubungi pihak webhosting.

Kelimat, webhosting abal-abal dengan kualitas buruk paling sering gulung tikar. Nah, kalau kamu punya data di hosting mereka, siap-siap semua file web beserta database ikut tergulung sama mereka.

Ngomong-ngomong, webhosting abal-abal bukan hanya ada di Indonesia doang, ternyata di luar negeri banyak sekali webhosting abal-abal yang masuk ke pasar internasional. Gilanya, mereka sering sekali menggunakan promo $1 (one dollar) untuk pemakaian sepuasnya. Kalau ada yang seperti itu, patutnya kamu ragu dengan kualitas hostingnya.

Oke, sebelum memilih hosting, pastikan dulu apa jenis web/blog kamu, berapa bajet yang kamu punya, dan dari negara mana target pengunjung web kamu.

Apa jenis web kamu?

Jika web kamu adalah berupa toko online yang kemungkinan pengunjung bisa > 5K perhari, maka ada baiknya kamu tidak memakai shared hosting, tapi langsung pakai VPS. Karena pengunjung web toko online menghabiskan waktu 15-30 menit untuk menelusuri isi seluruh web, hal itu mempengaruhi daya tampung web.

Namun jika blog kamu adalah blog adsense, blog pribadi dan web perusahaan, maka shared hosting sudah cukuplah. Meskipun pengunjungnya >5K perhari. Ini berhubungan dengan realtime pengunjung yang berbeda dengan toko online dalam waktu bersamaan.

Tapi meski begitu, tidak semua shared hosting bisa menampungnya, maka nanti coba kita bahas shared hosting yang mana saja yang bisa menampung pengunjung yang >5K perhari.

Berapa bajet yang kamu punya?

Semakin bandel hosting tersebut maka semakin mahal harganya, semakin besar bandwidth dan storage nya maka semakin mahal pula harganya, dan semakin tinggi ram nya tentu harga yang ditawarkan juga semakin tinggi. Untuk itu pastikan dulu apa jenis web/blog kamu dan berapa bajet yang kamu miliki.

Jika kamu hanya mampu membayar uang 250ribu tiap tahunnya, berarti pilihan kamu jatuh pada webhosting lokal. Namun jika kamu sanggup membayar 60ribu perbulan saja, kamu sudah bisa menikmati webhosting luar negeri yang boleh saya katakan fiturnya lebih baik.

Dari negara mana target pengunjung web kamu?

Ini berhubungan dengan server yang kamu pilih. Jika pengunjung web kamu dari Indonesia, maka opsinya ada 2: gunakan server Indonesia atau server Singapore (server sgp). Jika sekamuinya pengunjung web kamu internasional, pilih salah satu server yang ada di Amerika Serikat saja (us server).

Oke, saya harap kamu sudah mampu menjawab tiga pertanyaan itu sebagai acuan untuk kamu memilih hosting secara bijak.

Nah, jika kamu masih baru atau pertama kali menggunakan hosting, ada baiknya kamu coba-coba saja dulu hosting dari webhosting lokal. Artinya kamu biasakan diri dulu dengan segala hal yang berhubungan dengan hosting. Apalagi untuk web atau blog baru yang pengunjungnya masih bisa dihitung jari, maka lebih baik permulaan untuk memilih hosting lokal saja, nanti seiring banyak pengunjung jika hosting lokal tidak mampu lagi, maka opsinya kamu bisa tingkatkan ke hosting luar negeri yang terkenal dengan storage dan bandwidth nya yang tinggi-tinggi.

Rekomendasi Hosting Lokal Terbaik


Membeli hosting sama seperti membeli domain yang pernah saya bahas pada artikel sebelumnya (baca: Teknik Memilih Domain agar Berhasil Memenangkan Halaman 1 Google). Yang pertama perlu kamu lakukan adalah melihat dulu reputasi mereka di internet. Caranya ketik “kecewanama_webhosting” atau “nama_webhostingpenipu”. Biasanya akan muncul postingan-postingan review yang menulis rasa kecewa mereka pada webhosting tersebut, nah ini bisa menjadi salah satu poin pedoman kamu.

Kedua, lihat tampilan webnya professional atau tidak. Webhosting professional memiliki desain web yang rapi, cepat diakses, dan tidak error. Web abal-abal sering sekali memiliki tampilan web yang kadang tidak rapi dan asal jadi.

Ketiga, bicaralah pada costumer servicenya. Webhosting professional selalu fast response, baik itu via chat atau via email. Jika mereka tidak membalas atau telat membalas, urungkan niat kamu menyewa hosting ditempat mereka.

Keempat, lihat profil usaha mereka, apakah mereka sudah PT/CV atau bukan, mereka yang memiliki perusahaan terdaftar biasanya mereka memang serius dalam bisnis ini. Sedangkan mereka yang abal-abal terkesan profilnya datar dan sekilas hanya pelengkap menu saja.

Webhosting.info pernah merilis urutan webhosting-webhosting Indonesia terpopuler berdasarkan jumlah domain yang didaftarkan dari mereka, list-nya dapat dilihat disini: http://webhosting.info/web-hosting-statistics/country/IDN

List tersebut bisa jadi rujukan kamu ketika ingin menyewa hosting. Dan tentunya saya memiliki rekomendasi tersendiri berdasarkan pengalaman saya menggunakan hosting lokal.

1. Rumahweb.com

Keistimewaan yang dimiliki oleh rumahweb adalah sikap costumer service nya yang ramah dan selalu cepat tanggap, hal ini yang membuat rumahweb selalu jadi nomor satu. Ini penting sekali, karena jika ada kendala apapun dengan hosting kamu, kamu bisa meminta teknisi rumahweb untuk melihat apa yang terjadi pada hosting kamu. Bagi saya inilah point pertama terpenting ketika memilih hosting.

Harga yang ditawarkan oleh rumahweb memang sedikit lebih malah ketimbang webhosting lainnya, namun hal itu sebanding dengan kualitas hosting rumahweb yang jarang sekali down.

Kalau memang kamu ingin mencoba hosting di rumahweb, pilih-lah paket professional dengan kapasitas 250mb. Kamu bisa upgrade/tingkatkan kapasitasnya jika sekamuinya itu tidak cukup dikemudian hari.

2. Qwords

Hampir serupa dengan rumahweb, qwords memiliki tim professional yang menurut saya patut dijadikan pilihan. Kamu akan dilayani secepat mungkin ketika ada problem di hosting kamu. Harga yang ditawarkan oleh qwords lebih murah dibandingkan rumahweb, saya rasa qwords memang pesaing berat rumahweb dalam bisnis webhosting lokal.

Oh iya, qwords juga menyediakan trial 30 hari jika kamu ingin mencoba fitur-fitur hosting yang disediakan oleh mereka. Untuk tarif perbulan Qwords menyediakan paket personal hosting dengan paket ekonomis,hemat, starter dan stkamur di mulai dari harga Rp. 5.000,- hingga Rp. 25.000,- per bulan.

3. Masterweb.net

Pemain lama dengan segudang pengalaman, webhosting tertua di Indonesia. Dengan pengalamannya di dunia webhosting, menjadikan ia sebagai salah satu opsi terbaik ketika kamu ingin menyewa hosting di webhosting lokal. Reputasi mereka cukup baik, walau terkadang ada beberapa konsumen yang tidak puas dengan webhosting ini (berdasarkan diskusi pengguna hosting Indonesia). Namun kamu tidak perlu khawatir, saya jamin kamu tidaklah kecewa jika menyewa hosting di masterweb.net

4. Cloudkilat

Rumahweb, Qwords dan Masterweb.net adalah pilihan ketika kamu ingin menggunakan sharedhosting. Namun jika kamu ingin menggunakan VPS lokal dengan citarasa internasional, maka Cloudkilat adalah pilihan yang tepat. Sebuah VPS asli Indonesia yang menawarkan pengalaman menggunakan VPS secara mandiri.

Tidaklah perlu khawatir dengan kualitasnya, karena cloudkilat sudah dilengkapi teknologi server terbaru yang kini menjadi stardart oleh perusahaan webhosting tingkat dunia.

Saya sudah mencobanya cloudkilat, namun ada sedikit problem di harganya. Harganya memang terjangkau, namun karena kena pajak maka harganya jadi naik. Terus kamu harus siap mengeluarkan sedikit uang jika ada problem di VPS kamu dan meminta bantuan teknisi mereka, kamu dikenakan biaya tambahan.

Untuk mengurangi biaya tambahan ini artinya kamu harus benar-benar menguasai selukbeluk VPS agar kalau ada kendala kamu bisa memperbaikinya sendiri.

Oke, kita sudah bahas tentang webhosting lokal. Kini coba kita bicara lebih jauh, yaitu menggunakan webhosting luar negeri. Karena kita bicara webhosting luar negeri, artinya kamu harus siap bertransaksi dengan menggunakan paypal. Pembahasan tentang paypal sudah saya jabarkan di artikel tentang domain sebelumnya, kamu bisa membacanya disini.

Jika kamu mencari di google “best webhosting”, maka akan sangat banyak webhosting yang bermuncul, semua ngakunya yang terbaik, padahal bohong. Untuk mengetahui mereka terbaik atau bukan tentu kita perlu tahu dari mereka yang sudah mencobanya, dari review-review, bukan dari mereka langsung.

Mungkin jika kamu pertama kali melihat banyaknya webhosting yang menawarkan paket menarik, akan akan langsung bingung mau milih yang mana. Itu wajar, karena bisa jadi kamu terbuai dengan fiturnya namun kamu belum mengetahui kualitas hosting mereka yang sebenarnya.

Sekali lagi, jika kamu ingin menyewa hosting luar negeri, maka pilihannya tidaklah jauh-jauh dari statistic webhosting.info.

Rekomendasi Hosting Luar Negeri Terbaik


Nah, sekarang saya juga punya rekomendasi tersendiri tentang webhosting luar negeri terbaik berdasarkan pengalaman saya sendiri.

1. Hostgator.com

Webhosting tangguh yang merupakan salah satu webhosting terbesar di dunia. Jika kamu ingin mencoba hosting luar negeri, saya sangat merekomendasikan kamu untuk menggunakan hostgator.

Biasanya kita sering dibingungkan dengan control panel hosting, di hostgator kamu tidaklah perlu khawatir, karena mereka menggunakan cpanel yang sudah cukup familiar bagi kita.

Hostgator memang jarang sekali down, sehingga reputasi mereka di mata pelaku bisnis online tetap terjaga. Jadi wajar saja webhosting ini sudah begitu terkenal seantero jagat, bahkan IMers Indonesia banyak sekali yang menitipkan web dan blog mereka disini.

Hostgator ada versi shared hosting, ada VPS dan ada juga DS. Nah untuk harga shared hosting yang ditawarkan dimulai dari $5,56 perbulan, harga yang cukup terjangkau dengan kualitas yang kamu dapatkan. Kamu boleh menyewa shared hosting dengan durasi perbulan, pertiga bula, atau pertahun.

Tentu harganya perbulannya beda-beda, makin lama durasi yang kamu pilih maka makin murah harga yang perlu kamu bayar.

2. Bluehost.com

Kalau tidak salah saya webhosting ini didirikan pada tahun 1998, artinya webhosting ini sudah sangat matang dan kenyang pengalaman. Bukan hal yang aneh lagi jika pelaku bisnis online sering membeli domain di godaddy atau namecheap dan hostingnya di Bluehost, ini sudah biasa. Artinya pelaku bisnis online sudah sangat percaya dengan kehandalan hosting milik Bluehost.

Sama seperti hostgator, bluehost tersedia dalam bentuk shared hosting dan juga bentuk VPS.
Bluehost sering memberikan diskon besar-besaran, contohnya ketika artikel ini ditulis saja harga cloud VPS bluehost dibuka dengan harga $ 5,95 perbulan. Dengan harga segitu ada sudah mendapatkan 1 domain gratis, ram 2 GB (salah satu terbesar), kapasitas 100GB dan bandwidth tanpa batas. Tapi sayangnya kamu wajib sewa dengan durasi 3 tahun untuk mendapatkan harga segitu.

3. Dreamhost

Salah satu dari 10 webhosting terbesar di dunia versi webhosting.info. Dreamhost menawarkan hosting khusus wordpress, sharedhosting, VPS dan bahkan Dedicated Server (DS). Untuk kualitas hostingnya tidaklah perlu diragukan lagi, ini hosting sudah diakui kelasnya.

Harga yang ditawarkan memang cukup mahal, yaitu $7,95 perbulan dengan minimum sewa 1 tahun. Artinya kamu tidak diperkenankan untuk sewa bulanan. Tapi, ketika kamu menggunakan dreamhost ternyata tidak sesuai harapan, kamu dapat meminta uang kamu kembali tanpa potongan.

4. Hawkhost

Meski tidak masuk dalam jajaran 10 webhosting terbesar di dunia, tapi jangan remehkan Hawkhost.  Webhosting ini memiliki kualitas hosting yang bandel, hal dibuktikan oleh pengunjung sampai 10K namun tidak lemot sama sekali, padahal itu shared hosting. Menggunakan cpanel, dan harganya lebih murah ketimbang hostgator. Hawkhost cocok untuk seukuran kantong mahasiswa.

5. DigitalOcean

Jika ingin menikmati sensasi memiliki hosting sendiri dalam bentuk VPS, maka digitalocean adalah jawabannya. Kualitas VPS jelas tidak perlu diragukan lagi, mereka sudah dilengkapi dengan teknologi terbaik. Harga yang ditawarkan oleh digitalocean jelas sangat murah dibandingkan penyedia VPS lainnya, kamu cukup mengeluarkan $5 untuk mendapatkan VPS dengan ram 512mb, sangat lumayan untuk web skala kecil.

Selain itu, hitungan biaya di digitalocean adalah bulanan, artinya minimum sewa yaitu perbulan. Menurut saya ini VPS paling murah dan terbaik untuk kelasnya. Saya sendiri menggunakan VPS ini juga.

Sayangnya, untuk digitalocean kamu harus betul-betul paham bagaimana cara menginstal OS, aplikasi server, aplikasi control panel, dan beberapa perangkat lainnya. Karena ketika kamu menyewa VPS, kamu akan diberikan disk kosong tanpa isi, nah tinggal kamu untuk menginstal semua yang dibutuhkan.

Oke, selesai sudah rekomendasi webhosting, baik itu webhosting lokal ataupun webhosting luar negeri.

Saya pikir 10 webhosting yang saya jabarkan sudah dapat mewakili varian opsi pilihan kamu, maka saran saya jika kamu memang berniat untuk membeli webhosting, maka pilihlah salah satu diatas.

Untuk mempermudah pilihan kamu, maka saya akan simpulkan seperti ini:

* Jika kamu adalah seorang pemula atau baru pertama kali membeli hosting, maka saran saya pilih lah webhosting lokal supaya lebih terbiasa. Nah, kalau ingin hosting bandel dan pelayanan optimal, pilihlah rumahweb. Jika harga di rumahweb tidak cocok untuk kamu, maka pilihlah qwords atau masterweb.net.

* Jika hosting kamu ternyata tidak mampu menampung trafik yang besar, maka opsinya upgrade paket hosting kamu ke yang lebih besar atau pindah ke hosting luar negeri yang memiliki fitur lebih baik.

* Jika web kamu dikunjungi oleh pengunjung >5K perhari, maka opsi terbaik adalah VPS digitalocean atau cloudkilat (jika pengunjung Indonesia). Namun posisinya kamu tidak mengerti sama sekali cara memakai VPS, maka gunakan VPS bluehost atau Hostgator yang memiliki support teknisi.

* Jika harga bluehost dan hostgator terlalu mahal untuk kamu, maka opsinya adalah memilih shared hosting. Nah shared hosting termurah dan bandel boleh kamu gunakan hawkhost yang bisa dibayar perbulan.

Saya rasa itu sudah cukup membantu kamu menentukan pilihan.

A: "saya ingin menyewa hosting, namun tidak tahu caranya, bagaimana?"
Q: Gampang sekali, menyewa hosting sama seperti mendaftar akun facebook atau gmail, tidak perlu takut. Kalaupun seandainya kamu bingung dengan istilah-istilah fiturnya, kamu bisa gunakan chat live untuk bertanya langsung ke costumer service webhosting.

A: "sekarang saya sudah memiliki hosting, lalu selanjutnya apa yang harus saya perbuat?"
Q: Tunggu artikel saya selanjutnya.

A: "artikel ini sangat bermanfaat bagi saya, boleh saya share?"
Q: Boleh.

A: "artikel ini tidak ada gunanya bagi saya, boleh saya tutup?"
Q: Boleh.

A: "penulis artikel ini sangat ganteng, boleh saya cium?"
Q: Jangan, bukan muhrim. Ada pertanyaan lain?

Seri belajar Panduan Membuat Website


Tahap 1: Belajar HTML

Tahap 2: Belajar CSS

Tahap 3: Belajar Tentang Domain

Tahap 5: Belajar Wordpress

Tahap 6: Belajar Blogger.com

POSTINGAN TERKAIT

Komentar

  1. Qwords paling jelek, saya pakai 6 bulan setelah itu saya hengkang ke namecheap dan hawkhost.

    BalasHapus
  2. Ini salah satu review qwords, thanks bang :D

    BalasHapus
  3. untuk mencari hosting yang bagus juga bisa liat di forum semacam ads.id atau kaskus tapi lebih prefer ke ads.id sih, disana boleh dibilang punya harga yang murah dan soal kualitas bisa dibilang bagus dan belom pernah mengecewakan.

    BalasHapus
  4. This comment has been removed by the author.

    BalasHapus
  5. pernah pakai yang no. 3 (hosting lokal) tapi kalau siang lola banget dan supoortnya agak lambat. Mau gak mau nyari hosting lain dan akhirnya berlabuh di idhostinger. Server cepat dan support ramah.

    BalasHapus
  6. Kalo mau milih hosting harus disesuaiin juga sama kebutuhan websitenya. Sebelumnya udah pernah nyobain niagahoster belum gan? Karena aku liat di daftar gak ada Niagahoster. Disana hostingnya bagus juga

    BalasHapus
  7. Aku juga pake niagahoster gan. Andalan banget buat hostingnya. Mantap lah niagahoster

    BalasHapus
  8. Emang bagus kayaknya niagahoster. Banyak juga yang bilang dan rekomendasiin

    BalasHapus
  9. Kalo aku malah berlabuh di niagahoster gan, temennya hostinger juga. Disana layanannya juga memuaskan. 1 perusahaan sih ya, jadinya pelayanannya juga sama-sama bagus

    BalasHapus
  10. Bener gan, sebelum beli hosting emang perlu banget baca2in review apa liat di forum2 gitu. Aku dulu sebelum beli hosting di niagahoster juga bacain dulu reviewnya dan sampe sekarang juga masih betah disana

    BalasHapus
  11. Sebulanan ini aku langganan di Niagahoster. Pelayanannya oke juga kok. Apalagi ada tutorialnya yang ngebantu banget buat pemula kayak aku gini

    BalasHapus

  12. Info Menarik Buat Para Master Seo
    Telah Diadakan Kontes Seo 20 Februari 2018
    Total Hadiah : Rp. 30.000.000 untuk 20 orang pemenang

    Pendaftaran dimulai pada Tanggal 20 Februari 2018
    Pendaftaran berakhir pada Tanggal 20 Mei 2018
    Pemenang akan diumumkan pada Tanggal 5 Juni 2018
    Hadiah akan dibagikan pada 6 Juni 2018

    untuk informasi syarat & Ketentuan Silahkan kunjungi :
    Kontes Seo ituCasino 2018 Total Hadiah 30juta Rupiah

    BalasHapus
  13. […] Tahap 4: Belajar Tentang Hosting […]

    BalasHapus
  14. […] Hosting, pelajari tentang hosting disini. […]

    BalasHapus
  15. […] Rekomendasi WebHosting Lokal dan Luar Negeri Terbaik […]

    BalasHapus