Jangan Jadi Blogger Pasaran!


monzaaulia@outlook.com (22 Maret 2017) - Seminggu lalu saya blogwalking ke beberapa blog kenalan, sudah lama saya tidak blogwalking ke beberapa blog. Dulu blogwalking adalah kegiatan rutin yang saya lakukan ketika sedang libur menulis.

Manfaat blogwalking sangat banyak, selain menambah wawasan, kita juga bisa menanamkan backlink pada kolom komentar di blog yang kita kunjungi. Ya meskipun itu backlink nofollow, tidak apa-apa, tetap berguna kok.

Blogwalking juga dapat meningkatkan silaturahmi dan pertemanan sesama blog. Bagi anda yang jarang blogwalking, sudah bisa anda sisihkan waktu untuk saling mengunjungi blog teman-teman atau blog apa saja yang anda temui di Google.

Dari pengalaman saya, sering-sering blogwalking dapat mengasah kemampuan menulis. Nah, bagi penulis pemula saya sangat menyarankan untuk sering-sering blogwalking supaya anda banyak membaca pola bahasa dari blogger yang berbeda.

Namun ketika blogwalking, saya menemukan sesuatu yang menurut saya tidak mengenakkan. Terus terang saya prihatin dengan kondisi blogger sekarang ini. Dari segi kuantitas, tiap tahun jumlah blogger semakin bertambah, namun dari segi kualitas begitu menurun.

Seperti apa blog yang kualitasnya rendah?

Pertama, isi artikel hanya berupa gambar yang tidak jelas temanya dan tidak ada deskripsi kenapa si blogger memposting gambar tersebut. Andaikan blognya merupakan blog galleri wallpaper, akan jelas ciri-cirinya kalau semua postingannya adalah wallpaper, tapi ini tidak.

Kedua, blog copy paste. Kalau anda menulis ulang tulisan orang, itu tidak apa-apa, malah saya menganggap anda cerdik. Namun kalau copy paste mentah-mentah, bahkan tata letak artikelnya amburadul, maka blog tersebut tidak sekedar dari blog murahan.

Ketiga, penggunaan template/theme blog yang berlebihan. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan selera memilih template/theme, namun akan sangat mengganggu dan bikin sakit mata kalau anda menggunakan background yang kontras pada template anda. Background kontras misalnya warna gambar background hampir menyerupai warna tulisan blog sehingga sulit dibaca.

Contoh tampilan blog yang berlebihan
Saya tahu, ngeblog sifatnya merdeka. Semua orang berhak ngeblog dan menulis sesuka hatinya. Tapi tidak begitu untuk pembaca, mereka berkunjung ke blog anda untuk sekedar mendapatkan pengalaman, momen, dan wawasan. Karena itulah manfaat blogwalking.

Saya percaya setiap manusia itu unik, punya keunikan dan perbedaan sendiri-sendiri dan itu adalah hukum alam yang tidak bisa dibantah, tentunya dengan hal tersebut anda bisa menciptakan sesuatu yang lain daripada kebanyakan orang dan tentu bermanfaat.

Sayang sekali jika keunikan anda tidak digunakan secara maksimal. Padahal dengan kekuatan itu, tidak hanya menjadikan anda blogger yang baik, tapi juga suatu hari blog anda akan populer karena itu.

Bangunlah sesuatu yang berguna untuk pembaca di blog anda, jadikan blog anda bermanfaat untuk yang lainnya. Janganlah sekedar menjadi blogger ikut-ikutan teman (ikut tren).

Untuk anda yang baru mengenal blog, saya ingin memberikan sedikit tips sederhana bagaimana menulis blog yang baik.

Tema tulisan bermanfaat. Yang terpenting menulis itu adalah bermanfaat bagi orang lain, maka tulislah sesuatu yang menurut anda ada manfaatnya.

Tulisan mudah dimengerti. Usahakan setiap tulisan-tulisan anda mudah di mengerti oleh para  pembaca,  jangan anda pergunakan kata-kata yang di singkat, seperti “yg”, “jgn” “benar2″ atau kata-kata yang di singkat lainnya. Tapi bukan berarti anda menulis terlalu baku, boleh gunakan kata-kata pasaran asal jangan disingkat.

Untuk permulaan 250-300 kata cukup. Artikel dengan jumlah 250-300 kata sudah cukup sebagai bahan motivasi menulis. Yang terpenting adalah isi dari artikel tersebut, fokuskan pada inti artikelnya. Karena bila sebuah artikel terlalu panjang takutnya anda malah jenuh untuk ngeblog.
Artikel panjang boleh anda tulis bila sudah lama ngeblog dan anda mulai untuk membuat blog khusus adsense. Disini yang penting anda mengasah kemampuan menulis dan meningkatkan passion menulis anda.

Pendahuluan yang menarik. Pendahuluan mencakup judul dan kalimat pembuka suatu artikel, buatlah semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk membaca artikel anda.

Konsisten. Misalkan anda konsisten dengan cara anda menyajikan sebuah artikel atau bisa konsisten dengan tema yang anda angkat selama ini. Maka untuk permulaan, menulislah sesuai passion anda. Misalnya suka jalan-jalan, maka cukuplah anda menulis tentang dunia traveling.

Cek sebelum mempublikasi artikel. Biasanya, sebagian besar blogger termasuk saya langsung mempublikasikan artikel yang sudah di tulisnya tanpa mengecek kembali ejaan atau kalimat-kalimatnya, barang kali ada yang kurang satu huruf atau tidak di beri spasi antara satu kata dengan kata lainnya. Terkadang hal kecil tersebut akan sedikit mengganggu pembaca.

Saya pikir tips sederhana diatas bisa membantu anda menjadi blogger yang lebih baik. Karena menjadi blogger tidaklah cukup hanya dengan memiliki blog saja, perlu ada taste untuk seorang blogger.

Akhir kata, janganlah jadi blogger pasaran, ciptakan emosional, asah insting dan filing menulis anda. Jadilah seseorang yang kontroversial, berbeda dengan yang lain dalam hal berfikir dan menulis.

Artikel ini bermanfaat? Share ke Jejaring Sosial Anda.

Artikel lain:

5 Komentar untuk "Jangan Jadi Blogger Pasaran!"

  1. Wah akhirnya update lagi ya om blog ini hehe..betul sekali itu om, saya meskipun jarang update pun, tapi sekali update saya mesti buat artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembacannya, seperti artikel om ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya banyak kesibukan yang lain, makanya jarang update blog ini hehe

      Delete
  2. Akhir mas Monza update lagi, layak ditunggu kembali sepak terjangnya di dunia blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe makasih sudah pantengin tulisan saya, memang saya akhir ini jarang menulis untuk blog ini, karena ada kesibukan lain :D

      Delete
  3. mantep gan...saya setuju banget dengan isi artikel ini, semangat dan terus menjadi blogger kreatif

    ReplyDelete